Monday 24 July 2017

Berapa Harga Korek Apinya Bu?

Duo Binar beberapa hari ini lagi senang bermain api. Mencoba membakar berbagai macam benda, membuat roket, kabut asap, dan lain sebagainya.

Kebetulan, sore hari ini, korek api di rumah habis. Adek langsung mengambil sepeda dan berangka ke warung untuk membeli korek api.

Setelah puas bermain api, dan saya ajak untuk membersihkan diri, dengan wajah penasaran, Adek bertanya, "Bu, sebetulnya harga korek apinya itu berapa sih?"

"Lho, tadi kata Adek 2000 dapat 3."

"Ya kalo itu, aku tahu. Tapi jadinya satunya berapa?"

Awalnya saya berusaha menjelaskan berkali-kali dengan bantuan jari tangan, tapi tidak berhasil juga. Adek tetap belum mengerti. Akhirnya saya mensimulasikannya menggunakan batang korek api yang ada. Satu batang korek api dianggap 100 rupiah.

Dan ketika sisa 2 batang korek api, si Adek bertanya lagi, "nah ini gimana Bu membaginya?"

"Saya jelaskan bahwa orang yang jualan, perlu mengambil untung. Mungkin 2 korek api yang berarti nilainya 200 rupiah adalah keuntungan si pedagang.

#ILoveMath
#MathAroundUs
#KuliahBunSayIIP
#Level6
#day4

No comments:

Post a Comment