Sunday 20 May 2018

TREASURE HUNT DI RAMADAN SERU

Ramadan hadir kembali, horeeee…


Dan kegiatan sekolah telah berakhir, yang artinya libur panjang. Ya, libur tlah tiba. Saatnya kami menikmati Ramadan tanpa disertai rutinitas sekolah. Lalu kegiatannya apa dong?

Kebetulan, kami menemukan teman, tetangga satu kompleks yang memiliki frekuensi yang sama. Suka bikin-bikin acara seru untuk anak-anak. Kali ini, kami mengadakan kegiatan yang berjudul "EDU-play : Ramadhan Seru”.


Salah satu kegiatan Ramadhan Seru adalah Treasure Hunt. Acara ini dilaksanakan di Islamic Centre Tabalong. Alhamdulillah ada 16 orang anak yang berpartisipasi termasuk Bintang Arsya. Dimulai pukul 08.00 WITA, kegiatan ini diawali dengan tilawah Qur’an dan kemudian pembagian kelompok.
Peserta dibagi menjadi 3 kelompok, dan masing-masing kelompok didampingi oleh fasilitator.



Setelah peta harta karun pertama dibagikan, kami pun segera menyebar sesuai dengan petunjuk yang kami terima. Kebetulan, saya menjadi fasilitator kelompok 1. Tantang pertama yang kami terima adalah menyusun binatang kayu hingga tujuh tingkat. Hmmm, tantangan ini dengan mudah kami selesiakan. Segera kami mendapatkan petunjuk kedua.

Di petunjuk kedua, kami segera menuju tempat yang dinamakan “bukit marwa”. Di sana sudah tersedia beberapa pertanyaan yang harus kami jawab. Setelah menjawab lebih dari dua puluh pertanyaan, akhirnya kami berhasil pula menyuelesaiakn tantangan menjawab dengan benar 10 pertanyaan, mengenai sejarah Islam.



Kami mendapat petunjuk ketiga. Kami segera mencari tempat yang dimaksud, dan tantangan yang kami terima di pos ketiga adalah sambung ayat. Kami mendapat tugas sambung ayat Surat An-Naba. Dari kelima anggota kelompok satu, satu orang yang belum hafal, tapi it’s ok, ga masalah karena bisa ditutupi oleh yang lain. Dan akhirnya kami mendapat petunjuk untuk menuju pos 4, pos terakhir, yippie….

Setelah mendapat peta, kami segera menuju pos empat, dan menemukan tnatangan selanjutnya, yaitu menelusuri maze. Mazenya dipotong menjadi tiga bagian, dan diberikan satu-persatau. Ga boleh langsung semuanya, huhuhu…



Di pos inilah kami memerlukan waktu yang agak lama untuk menyelesaikan tantanagn, karena harus menelusuri maze yang terpotong-potong. Tapi Alhamdulillah, ahirnya kami berhasil juga menyelesaikannya. Kami segera berlari menuju pos terakhir untuk mendapatkan peta lengkap petunjuk menuju harta karun. Ternyata, kedua kelompok lain juga sudah menyelesaikan keempat tantanga. Kami pun berlomba dengan kedua kelompok tersebut. 

Ketika peta harta karun dibagikan, kami membaca petunjuk dan menemukan bahwa si harta karun disimpan di bagian atas jembatan. Kami pun segera berlari ke sana. Dan ternyata, kelompok 3, yang terdiri dari 5 orang anak perempuan sudah sampai di sana. Ada tiga harta karunyang tersimpan di sana, dan masing-masing kelompok hanya diperbolehkan untuk mengambil salah satu. Kami memutuskan untuk memilih alat tulis. Dan segera kami melaporkan hasil temuan kami di pos utama. 

Kami segera diajak menuju peltaran masjid untuk istirahat. Setelah berlari-lari keliling Islamic Centre untuk menyelesaikan beberapa tantangan, kami kelelahan juga, dan haus…. Haus, haus, haus, teriak beberapa anak. Hahaha, memang sih, saya aja yang besar gini capek dan haus, apalagi mereka ya. Tapi semoga kuat melanjutkan puasa hingga sore nanti. 

Sembari istirahat, kami mereview kegiatan kali ini. Kami diminta untuk menuliskan perasaan kami berkegiatan “teasure hunt” kali ini, dan manfaat apa yang di dapat. “bekerja sama, kekompkaan, keceptan, kejelian," dan masih banyak lagi jawaban-jawaban para peserta.
Senang, gembira, capek, haus, pengen pulang, kapan ada lagi, aliran rasa dari peserta treasure hunt kali ini. Semoga kami bisa mengadakan lagi kegiatan treasure hunt selanjutnya…


No comments:

Post a Comment