Sunday 17 July 2016

Menata Lemari Anak dengan KonMarie Methode


Sering pusing lihat lemari anak-anak yang berantakan? Kalau begitu kita sama. Tapi ya begitulah anak-anak. Tumpukan pakaian yang rapi di dalam lemari akan segera berhamburan ketika mereka mengambil baju kesayangannya yang terletak di bawah.
Berulangkali mengalami hal yang sama, membuat saya tertarik mencari cara untuk menanggulanginya. Dan saya nemu tips dari Tante Marie Kondo. Siapa dia? Marie Kondo adalah wanita asal Jepang, penulis buku The Life-Changing Magic of Tidying Up, atau yang dikenal dengan KonMarie Method.

tidyingup.com
Dari beberapa tutorial di youtube, saya lihat KonMarie Method banyak memakai laci untuk menyimpan pakaian. Nah berhubung lemari anak-anak di rumah tidak ada lacinya, maka saya menyiasatinya dengan menggunakan “laci-lacian” yang terbuat dari kardus bekas.

Kardus saya potong menyesuaikan dengan ukuran lemari. Kardusnya tentu akan lebih cantik kalau dibungkus dengan kertas kado warna-warni, tapi ya begitulah saya, agak malas melakukannya.


Kemudian dilanjutkan dengan melipat baju ala Tante Marie. Baju dilipat dengan ukuran kecil, dengan harapan bisa diletakkann dalam keadaan berdiri dan tidak mudah roboh. Sedangkan untuk kaus dalam dan celana dalam, saya gulung.





Dengan susunan seperti ini, semua baju bisa dengan mudah dilihat oleh anak, sehingga memudahkan dia untuk memilih, dan mengambilnya tanpa membuat susunannya berantakan. 


Dengan laci tiruan ini, anak-anak juga mudah untuk menyusun sendiri bajunya. Tinggal angkat kardus keluar lemari, susun bersama-sama, dan masukkan kembali kardus ke dalam lemari.


Manfaat yang saya dapat dengan menata lemari menggunakan KonMarie Methode ini, selain lemari tidak mudah berhamburan, juga mengajarkan anak untuk menata sendiri lemari bajunya. Saya juga mengajak mereka untuk menyortir baju yang sudah jarang dipakai.

O ya, KonMarie Methode ini juga bisa diterapkan di seluruh rumah lho, tapi berhubung saya baru menerapkannya di lemari baju, jadi saya belum berani mengulas metode ini di dapur, lemari buku dan tempat lainnya. Silahkan cari sendiri tutorialnya di youtube ya...


1 comment:

  1. wah jadi ada semacam kotak penyimpanan lagi ya di lemari. boleh juga dicoba biar baju ga awur2an hehe. makasih tipsnya!

    ReplyDelete