Thursday 14 July 2016

MOGOK JADI IBU



Mogok jadi ibu. Iya. Saya hari ini berniat mogok jadi ibu. Pokoknya hari ini saya cuma mau bermalas-malasan, santai, mungkin tidur-tiduran sambil baca buku.

Mau tau alasannya? 

Pagi tadi, si Adik mendadak rewel gara-gara mau mencet tombol mesin cuci yang udah terlanjur saya nyalakan. Saya tawarin untuk dimatikan lagi dan kemudian dia yang mencet ga mau. Ngamuk, yang ga kaya biasanya. Kursi dan galon ditendang-tendang. 

Eh, kok sepulang dari masjid, ketika tahu saya dan Adik lagi diem-dieman, si Ayah tiba-tiba ngomong “kalo guyonan ga usah nemen-nemen, nanti gini jadinya”. Si Mas nanya-nanya pula apa yang terjadi. Seketika tanduk dan taring saya keluar. Saya segera masuk kamar untuk bersemedi dan mengikrakan SAYA MOGOK JADI IBU HARI INI.

Waktu pun berlalu, tanpa keributan, tanpa teriakan, “Ayo sarapan”, “Tasnya udah siap belum?”, “Udah gosok gigi belum?” hingga jam 7 pagi, dan tiga orang laki-laki masih berkegiatan tanpa suara. 

Saya jadi ga sabar, nanti kalau terlambat gimana, pikir saya. Akhirnya saya keluar dari kamar dan kemudian bersuara “Udah jam 7 lho, nanti telat.” Dan teriakan itu mengakhiri niat saya untuk mogok menjadi ibu.

***
Pernah mengalami hal-hal seperti diatas? Ketika kita bersusah payah dan mendadak anak-anak dan suami tidak bisa diajak untuk kompromi, dan kemudian berniat untuk mogok menjadi ibu walau untuk satu hari saja. Mogok untuk ngomong, mogok untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga, dan mogok untuk hal-hal lainnya. Atau mungkin hanya saya saja yang pernah berniat untuk mogok menjadi ibu?

Namun ternyata itu hanya berjalan sebentar saja sodara-sodara, karena ternyata mogok menjadi ibu tidak semudah yang kita pikirkan. Ibu memiliki peran yang sangat penting di dalam rumah. Selain itu, saya juga merasa bingung sendiri. Ga dengar teriakan anak-anak, ga ada pertengkaran mereka ketika berebut untuk bersalaman dan berpelukan ketika pamit berangkat sekolah dan lain sebagainya. 

Saya cukup sadar, bahwa niat untuk mogok menjadi ibu itu tidak baik, namun saya hanya manusia biasa, yang kadang ketika kejenuhan melanda, saya cuma bisa ngambek dan nangis. Mungkin saya perlu untuk kembali meluruskan niat saya, bahwa ada pahala besar yang menanti ketika saya melakukan tugas sebagai istri dan sebagai ibu dengan ikhlas. Dan bagi saya yang masih suka galau, harusnya meluruskan niat itu diulang setiap hari, setiap saat.  Ya, luruskan niat, luruskan niat, Lillahi Ta’ala. Bismillah. Semoga saya bisa.

***
Dan siangnya ketika sedang menuliskan ini, saya mendadak kedatangan tamu. Tadi pagi efek PMS ternyata…

14 comments:

  1. Pernah ngalamin mbak, tapi bukan mogok jadi Ibu,melainkan kesal dengan suami dan anak, gegara kekacauan pagi- pagi.Jadi pulang kantor langsung tidur.Suami yg nyuapin dan temani anak tidur hihi

    ReplyDelete
  2. Pernah bgt mbak. Apalagi 24 jam sehari, 7 hari seminggu ngasuh 2 balita & 1bayi ditambah long distance sama suami. Tapi mau mogok ya gak mungkin krn cuman saya yg bisa mereka diandalkan. Jadinya yang paling ampuh adalah tarik nafas dalam2 atau mandi biar segar. Cuman berpikiran bersyukur masih bisa diberi kesempatan ngasuh anak dan mereka gak selamanya akan ada sama kita. Hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba wiena, makasih sudah diingatkan untuk selalu bersyukur. iya mba, kesempatan tidak akan terulang lagi..

      Delete
  3. complicated lah ya mbak jadi ibu itu, repot, kesel tapi juga senang tiada terkira :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul betul betul. wanita memang makhluk tuhan yang istimewa..

      Delete
  4. pernah mba cuman ga tega rasanya jd cuman bertahan beberapa menit. itulah akhirnya saya belajar mendewasakan diri dan memaafkan dg cepat hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahai, rata-rata ga ada yang bisa mogok dalam waktu lama ya mba. terima kasih sudah mampir

      Delete
  5. Iya, mbak.saya kadang juga sering gitu. Kalo lagi sebel, akhirnya ngambek, biarin mereka urus sendiri. Tapi tetap saja nggak tega, akhirnya ya balik lagi ngurus mereka. Hehe.

    Betul, mbak. Di saat kita begini, cobalah merenung sejenak, dan luruskan niat. InsyaAllah akan ada balasan yang indah jika kita sabar dan ikhlas menjalaninya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, sayangnya kalo pas lagi esmosi suka ga ingat "luruskan niat" huhuhu..

      Delete
  6. Hihiii... Apa bentuk rumah ya, mba, Kalu kitanya mogok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba, ga mogok aja rumahku ga berbentuk, hehehe..
      btw makasih ya udah mampir

      Delete
  7. Sering mbak. Trus mencoba menjauh dari anak, me time gtu keluar rmh. Eh yg ada malah kepikiran anak2 hehe.

    keluargahamsa.com

    ReplyDelete