Saturday 2 July 2016

Obesitas? Ini Sembilan Penyakit yang Siap Mengintai Anda



Obesitas seringkali dihubungkan dengan masalah kesehatan. Berbagai macam masalah kesehatan baik fisik maupun psikologis dapat muncul pada penderita obesitas. Berikut sembilan penyakit yang siap mengintai. Yuk mari kita lihat.

obesitas

1 Diabetes Mellitus
Lemak adiposa yang tersimpan di perut penderita obesitas dapat memproduksi hormon-hormon endokrin yang dapat mempengaruhi mekanisme kerja tubuh. Salah satunya adalah resistensi pankreas terhadap insulin. Jika pankreas mengalami resistensi terhadap insulin, maka seseorang dapat mengidap diabetes mellitus atau kencing manis.

2 Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah
Penyakit jantung dan pembuluh darah yang sering terjadi pada penderita obesitas adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner, dan gagal jantung. Lemak adiposa di perut akan mengeluarkan zat angiotensin yang mempengaruhi kerja pembuluh darah.

3 Stroke
Stroke yang terjadi bisa berupa stroke iskemik (karena sumbatan pembuluh darah) dan stroke hemoragic (karena pecahnya pembuluh darah). Stroke iskemik berhubungan dengan kadar lemak yang tinggi di dalam pembuluh darah, sedangkan stroke hemoragic berhubungan dengan penyakit hipertensi.
 
4 Kanker
Penelitian menunjukkan bahwa 14% laki-laki penderita kanker adalah obesitas, sedangkan pada wanita sebesar 20%. Kanker yang menyerang penderita obesitas sebagian besar adalah kanker usus besar dan kanker payudara, terutama pada wanita yang sudah mengalami menopause.

5 Gangguan Fungsi Hati
Penderita obesitas sering mengalami perlemakan hati atau fatty liver disease. Fatty liver disease ini, selain menganggu fungsi hati, juga bisa berkembang menjadi sirosis hepatis dan kanker hati.

6 Gangguan Pernafasan
Obstructive Sleep apnea (OSA) adalah gangguan pernafasan berupa berhentinya nafas mendadak saat tidur, yang terjadi karena sumbatan saluran nafas. 80% penderita OSA adalah penderita obesitas. Pada orang obesitas, penumpukan lemak di area leher dan di perut meningkatkan resiko terjadinya OSA.Kejadian Asma Bronchiale juga meningkat pada penderita obesitas, namun mekanisme terjadinya belum diketahui.

7 Radang sendi
Radang sendi pada orang obesitas sering terjadi pada sendi panggul dan lutut. Hal ini terjadi karena dua sendi tersebut menjadi penopang tubuh.

8 Migrain
Penelitian menunjukkan bahwa serangan migrain meningkat pada orang dengan obesitas.

9 Gangguan psikologis
Diskriminasi pada penderita obesitas dapat meningkatkan angka kejadian depresi. Kualitas hidup penderita obesitas pun akan menurun dan cenderung menghindari tempat keramaian.

Nah telah disebutkan tadi sembilan penyakit yang siap mengintai penderita obesitas. Bagi Anda penderita obesitas, lakukan pola hidup sehat dan kunjungi tenaga medis untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.



No comments:

Post a Comment