Thursday 30 June 2016

Keluarga Bahagia Tanpa Narkoba



Angka penyalahgunaan narkoba dari tahun ke tahun makin meningkat. Survey BNN menyatakan bahwa jumlah pemakai narkoba pada tahun 2009 sebanyak 3,6 juta orang, dan pada bulan November 2015 mencapai jumlah 5,9 juta orang.

Dalam usaha pencegahan penyalahgunaan narkoba, banyak hal yang telah dilaksanaakan oleh BNN antara lain sosialisasi ke masyarakat. Namun salah satu cara yang paling efektif adalah meningkatkan peran serta keluarga. Keluarga yang harmonis dan sejahtera, dimana anak-anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik (dari sisi fisik, mental, sosial dan spiritual), merupakan benteng utama pertahanan terhadap penyalahgunaan narkoba.


Apa saja bentuk peran serta keluarga dalam mencegah penyalahgunaan narkoba?
1.          Memperbaiki pola asuh dan komunikasi
Orangtua harus berkomitmen untuk selalu membangun kedekatan dengan anak-anak, dan berusaha untuk menjadi sahabat serta tempat curhat anak. Orangtua harus memberikan kasih sayang yang proporsional dan juga memperbaiki pola komunikasi, sehingga anak-anak terbiasa berdiskusi dan menyatakan pendapatnya. Anak-anak juga perlu diajari tentang disiplin dan konsep diri yang baik, sehingga mereka memiliki self control yang baik pula.

2.          Memberikan teladan
Orangtua harus menjadi role model (teladan) yang baik bagi anaknya. Ingat pepatah children see children do. Jika orangtua menginginkan anaknya jauh dari narkoba, maka orangtua pun harus menjauhkan diri dari narkoba. 

3.          Mengenalkan anak pada nilai-nilai agama
Mengenalkan nilai agama sangat penting, karena anak-anak yang memegang teguh ajaran agamanya akan selalu merasa diawasi oleh Tuhan sehingga mereka akan menghindari hal-hal yang dilarang oleh agama. Jika suatu saat mereka mendapat masalah pun mereka akan mencari jalan keluar sesuai dengan petunjuk agama. 

4.          Memberikan kegiatan yang positif
Berikan kegiatan positif yang dapat mengembangkan kemampuan, keberanian dan kemandirian anak  seperti olahraga, seni, ataupun kegiatan outdoor (camping, wisata). Kegiatan positif dapat membuat anak percaya diri serta memiliki lingkungan dan teman-teman yang positif, sehingga menjauhkan mereka dari pengaruh buruk narkoba.

5.          Mengajarkan anak untuk berani menolak narkoba
Ajarkan anak cara untuk menolak narkoba dan berani untuk berkata TIDAK jika ada orang yang menawarkan narkoba.

Siap menjadikan keluarga kita sebagai benteng utama pertahanan pada penyalahgunaan narkoba? Ya,Keluarga Bahagia Tanpa Narkoba. Selamat Hari Anti Narkoba Internasional dan Hari keluarga Nasional.

artikel dimuat di koran Metro7, edisi 27 juni - 3 juli 2016



No comments:

Post a Comment