Thursday 4 May 2017

Mengamati Gaya Belajar Anak #day4

Apa sih yang ditunggu-tunggu Duo Binar ketika berlibur ke Semarang?

Main ke sawah. Iya, main ke sawah. Liburan terakhir kami ke Semarang, mereka diajak Ayag dan Kakek ke sawah, dan berhasil memancing 2 ekor belut. Ternyata pengalaman tersebut membuat mereka ketagihan.

Bagun pagi, selesai mandi dan sholat subuh, mereka langsung bertanya "kapan ke sawah?"
Si kakek pun menjelaskan, bahwa berangkat ke sawahnya agak siangan, kalau matahari sudah terbit, biar jalannya kelihatan.

Ketika kakek siap berangkat ke sawah, mereka pun segera mengekor, dengan berlari-lari kecil. Sawah yang berjarak kurang lebih 300 meter dari rumah pun segera menyambut Duo Binar. Mereka segera berlarian, mengamati tanaman kacang panjang, mencoba memetik dan kemudian belajar memakannya dalam keadaan mentah. Setelah sampai di tengah sawah, mereka pun bertanya, kapan kita mancing belutnya? Kakek menjelaskan bahwa padi sudah mau dipanen, jadi belum bisa mencari belut.

Kekecewaan segera terobati ketika melihat kakek menarik tali-tali yang terentang diatas padi untuk menghalau burung. Aku mau nyoba, aku mau nyoba....

Setelah capek menarik tali, mereka saya ajak melihat ke sawah sisi lain, dimana tampak beberapa orang yang sedang memanen padi. Melihat bapak-bapak yang memotong padi dengan ani-ani, adik pun bertanya, "ibu bisa kaya itu? Kayaknya kok gampang ya?" Hihihi, saya jawab kalau saya belum pernah mencoba, dan tidak mungkin untuk mencoba di sini, karena takut merusak hasil panen beliaunya.

Kami pun kembali keliling persawahan, dan melihat seorang bapak yang tampak sedang mencuci sesuatu di sana. Ketika kami menghampiri, ternyata si bapak sedang mencuci usus kambing. Waaaa, baru kali ini kami menyaksikan sendiri proses membersihkan bagian-bagian perut hewan. Biasanya tinggal makan.

Tak terasa hari sudah siang, dan matahari mulai terasa menyengat. Kami memutuskan untuk pulang.

#day4
#tantangan10hari
#level4
#kuliahbunsayiip
#gayabelajaranak

No comments:

Post a Comment