Monday 28 November 2016

Belajar Menjadi Manajer Keluarga yang Handal


Sibuk, merasa sibuk atau sok sibuk? #ngaca



Allah SWT memberikan amanah dan nikmat kepada setiap makhluknya, salah satunya berupa waktu, yang sama, antara manusia satu dengan manusia yang lain, yaitu 24 jam. Namun ternyata tidak semua orang bisa memanfaatkan waktunya dengan baik (huhuhu, saya banget nih). Sering merasa kekurangan waktu, belum ngerjakan ini itu, padahal setelah diamatti dengan seksama, ternyata kegiatan yang dilakukan dalam 24 jam kurang atau bahkan tidak produktif.

Di pekan ke 6 Matrikulasi IIP Kalsel, materi yang diberikan adalah menjadi manajer keluarga yang handal. Yaaaaa, seorang ibu yang berperan menjadi manajer keluarga harus bisa mengatur waktu dengan baik, sehingga bisa menjadi produktif, baik di dalam rumah maupun di luar rumah. Materi ini benar-benar menohok saya, yang cuma ngerti teori tapi prakteknya entah kemana. Duuuuuhhhhh 😓

Baiklah, mari kita jawab satu-persatu Nice Homework pekan #6 ini..
1.Tuliskan aktifitas yang paling penting dan paling tidak penting
Tuliskan 3 aktifitas yang paling penting
 ➧ Beraktifitas bersama anak-anak
 ➧ Bekerja
 ➧ Menuntut ilmu
Tuliskan 3 aktifitas yang paling tidak penting
 ➧ Berselancar di sosmed
 ➧ Main game
 ➧ Online shopping

2. Waktu saya selama ini hanis untuk kegiatan bekerja dan berselancar di sosmed. Akses internet yang semakin mudah dan murah, membuat saya keranjingan mengikuti group-group belajar via WA. Banyaknya group yang saya ikuti, terkadang dengan alasan belajar, saya sering lupa waktu saat berselancar di sosmed.

3. Jadikan 3 aktifitas penting menjadi aktifitas dinamis sehari-hari untuk memperbanyak jam terbang peran hidup anda.
Jika melihat NHW sebelumnya, sebetulnya masih ada ketidak cocokan antara aktifitas penting yang saya jalani saat ini dengan NHW yang telah saya tuliskan.

4. Jadwal harian
03.30 - 04.30 : bangun, menyalakan mesin cuci, memasak nasi, qiyamul lail, tilawah
04.30 - 05.00 : membangunkan anak-anak dan menyiapkan mereka sholat subuh
05.00 - 06.00 : memasak sarapan, dan mempersiapkan suami, dan saya berangkat kerja, anak-anak berangkat sekolah
06.00 - 07.00 : sarapan, sholat dhuha, menjemur baju
07.00 - 13.00 : berangkat kerja sekaligus mengantar anak sekolah
13.00 - 14.45 : pulang kerja, mampir pasar, sholat dhuhur, masak, makan, beres-beres rumah
14.45 - 15.15 : jemput anak-anak pulang sekolah
15.15 - 16.00 : sholat ashar, mandi
16.00 - 18.00 : berkegiatan bersama anak-anak
18.00 - 19.00 : sholat maghrib, tilawah, menyimak murajaah anak-anak
19.00 - 19.30 : makan malam keluarga
19.30 - 20.00 : sholat isya, menemani anak-anak berangkat tidur (membacakan cerita, atau ngobrol apa saja)
20.00 - 21.00 : ngobrol santai bersama suami
21.00 - 22.00 : mengikuti beberapa kuliah online

Dalam melaksanakan jadwal ini, saya masih suka berbelok-belok, terutama jika tergoda untuk memegang ponsel.

2 comments:

  1. Assalamualaikum mba alfa...mba ikut IIP ya...wah, terimakasih sudah membagi hasil belajarnya di blog..saya ketinggalan info waktu itu..(sedih), jadi bisa ngintip belajarnya:) btw, saya juga sedang belajar blogging dg digital mommie Mba..sama yak👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikum salam, halo mba zulfia. insyaAllah dalam waktu dekat ini akan diadakan lagi matrikulasi IIP batch #3, semoga nanti bisa ikutan ya mba.
      terima kasih sudah berkunjung...

      Delete