Sunday 13 November 2016

from ZERO to HERO



Oh, WOW...

Materi Matrikulasi dan Nice Homework dari minggu ke minggu ternyata semakin berat, dan saya mau tidak mau, harus dipaksa untuk merenung. Ya, merenung dan mencari jawaban "untuk apa saya diciptakan".



Lalu, apa hasil dari renungan saya? Sesungguhnya sampai saat ini saya masih meraba-raba. Dengan panduan buku manual kehidupan kita, yaitu Al-Qur'an dan buku Fitrah Based Education karya Ust Harry Santosa, sedikit demi sedikit saya mulai berani untuk menuliskan tujuan, visi dan misi, dan berharap suatu saat akan menemukan jalan terang dan merasa "inilah jalan saya".

Di NHW#1, ketika ditanyakan ilmu apa yang akan saya pelajari setelah mengikuti matrikulasi ini, saya menjawab bahwa saya memerlukan ilmu tallent mapping, ilmu untuk mengenal diri saya sendiri. Dan sampai saat ini saya masih memutuskan untuk memilih ilmu tersebut.

Beranjak ke NHW#2, tentang konsistensi dan kedisiplinan saya mengisi checklist harian, alhamdulillah untuk tugas sebagai individu dan tugas sebagai ibu sebagian besar dapat terlaksana dengan baik, walaupun ada bolong-bolong sedikit. Yang saya sungguh keteteran adalah tentang pengaturan menu dan menyiapkan makanan halal dan sehat untuk keluarga. Namun ini tetap menjadi salah satu resolusi saya. Sehingga saya tetap akan mencantumkannya di checklist harian.

Mengaca pada NHW#3, seperti yang telah saya jelaskan di atas, bahwa saya masih meraba-raba tentang misi hidup saya, namun saya merasa saya bahagia jika bisa melayani orang lain. Jadi mungkin saat ini akan saya tuliskan bahwa misi hidup saya adalah melayani orang lain, di bidang yang sudah saya tekuni 10 tahun ini, yaitu di bidang kesehatan, sebagai dokter dan konselor laktasi.

Agar misi hidup saya dapat tercapai, berikut beberapa ilmu yang harus saya kuasai 1. Bunda Sayang : mempelajari ilmu parenting, ilmu tazkiyatun nafs, dan mempelajari Al-Qur'an
2. Bunda Cekatan : manajemen rumah tangga, terutama dalam hal masak-memasak
3. Bunda Produktif : update ilmu kedokteran dan laktasi
4. Bunda Shaleha : ilmu komunikasi, dan belajar menulis

Panduan perjalanan
Saya merasa harus mundur sejenak untuk kembali melangkah ke depan, karena saya merasa bahwa selama ini saya berjalan tanpa tujuan dan tanpa arah. Oleh karena itu, walaupaun saya sudah menikah hampir 10 tahun, menjadi ibu hampir 9 tahun, menjadi dokter lebih dari 10 tahun, saya harus berani memulai dari TITIK NOL
KM 0 - KM 1 --> menguasai ilmu seputar bunda sayang
KM 1 - KM 2 --> menguasai ilmu seputar bunda cekatan
KM 2 - KM 3 --> menguasai ilmu seputar bunda produktif
KM 3 - KM 4 --> menguasai ilmu seputar bunda shaleha

Agar selalu "on the right track", saya insyaAllah akan selalu berusaha mengerjakan dan mengupdate checklist harian. Just do it, lakukan lakukan lakukan. Mulai dari sekarang. Bismillah. From ZERO to HERO

No comments:

Post a Comment