Friday 22 December 2017

Mendadak Mendongeng

Huwaaaaaa, cukup kaget dengan tantangan kali ini. Selama ini, saya merasa cukup dengan kegiatan Read Aloud menjelang anak-anak tidur. Dengan pilihan buku yang beragam. Tapi mendongeng?

Awalnya, saya masih kagok, ketika mendadak bikin rekaman bersama si kecil. Tanpa ada plot cerita. Sambil menggambar, sambil mendongeng, sambil merekam. Hasilnya? Jangan ditanya. Bikin ketawa yang melihat...

Di hari kedua, saya kali ini mencoba mendongen bersama si kakak. Saya belajar membuat cerita, menuliskannya, dan kemudian belajar membacanya dengan intonasi yang menarik. Si kakak pun iku-ikutan melakukan rekaman. Hasilnya? Lumayan dibanding hari pertama.

Di hari-hari selanjutnya, saya berusaha menuliskan sebuah cerita dulu sebelum saya mendongengkannya kepada anak-anak. Namun adakalanya saya kehabisa ide dan mati gaya. Kalo sudah kaya itu, saya menceritakan tentang masa kecil saya. Tapi ternyata mereka suka. Apalagi ketika kisahnya tentang kekonyolan-kekonyolan saya.

Setelah beberapa hari mendongeng, saya menyadari kalau saya kurang bisa berimajinasi. Saya mungkin sedikit lebih pintar jika saya menceritakan hal-hal yang nyata atau sesuatu yang pernah saya alami dibandingkan dengan kisah fiksi.

Tapiiii, anak-anak tetap suka, dan mereka ketagihan. Mengajak diskusi, ngobrol, cerita ngalor-ngidul.

Ayo Bu, kita cerita lagiii...

#AliranRasa
#KuliahBunSayIIP
#GrabYourImagination

No comments:

Post a Comment