Thursday 30 June 2016

Bersahabat dengan Timbangan Pasca Lebaran


Lebaran adalah momen istimewa yang ditunggu oleh seluruh umat muslim. Saat lebaran, khususnya di Indonesia, berbagai macam makanan lezat tersedia. Acara silaturahim pun selalu ada sajian makanan. Makanan berlemak dan bersantan, serta kue-kue yang terbuat dari margarin dan gula bisa sangat menggoda selera. Berat badan yang umumnya sudah terkontrol saat puasa, bisa naik kembali jika kita tidak bisa mensiasatinya. Apa yang harus kita lakukan agar berat badan dapat tetap terkontrol?





Kendalikan diri
Puasa selama 1 bulan kadang membuat kita lupa diri begitu melihat makanan dan aneka cemilan lezat. Jangan kalap dan balas dendam. Jika Anda memang  tidak tahan untuk mencicipinya, ambilllah dalam porsi kecil. 

Kurangi cemilan
Batasi makan cemilan, makanan dan minuman manis, serta gorengan. Ganti makanan-makanan tersebut dengan buah-buahan dan air putih. Banyak mengkonsumsi buah dan air putih dapat membuat kita kenyang lebih lama, dan mengurangi godaan terhadap cemilan. Buah dan air putih juga memiliki kandungan kalori yang sedikit sehingga tidak mudah membuat berat badan kita naik.

Ingat dengan jadwal dan pola makan
Konsistenlah dengan jadwal dan pola makan yang selama ini telah anda jalankan. Tetap konsumsi makanan sehat dengan komposisi 50% karbohidrat, 20% protein dan 30% serat. Atur porsi makan Anda seperti biasanya. Akan sangat rugi jika kesehatan kita terganggu gara-gara kalap melihat makanan pasca lebaran.

Olahraga
Susun kembali jadwal olahraga Anda pasca puasa. Mulailah dengan olahraga yang ringan, namun lakukan dengan disiplin. Jika Anda kesulitan mencari waktu untuk berolahraga, Anda bisa melakukannya di rumah, misalnya berjalan kaki keliling kompleks atau aerobic dengan panduan DVD ataupun youtube.

Nah itulah beberapa cara agar kita bisa tetap bersahabat dengan timbangan pasca lebaran. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ^_^



No comments:

Post a Comment