Thursday 20 October 2016

Nice Homework 1 - Matrikulasi IIP Batch 2

Bismillahrirrahmanirrahim

Cerita teman-teman mengenai Kelas Matrikulasi yang diselenggarkan oleh Institut Ibu Profesional membuat saya "mupeng". Dan ketika kemudian info mengenai Kelas Matrikulasi Batch 2 keluar, saya merasa bahwa ini adalah salah satu jawaban. Jawaban untuk apa?

Nice Homework #1, mengenai ADAB MENUNTUT ILMU

1. Tentukan satu jurusan ilmu yang akan anda tekuni di universitas kehidupan ini.

Ilmu yang ingin saya pelajari sesungguhnya sangat banyak, namun yang terpenting saat ini adalah ilmu untuk mengenal diri saya sendiri lebih mendalam. Saya merasa bahwa diri saya sangat 'moody'. Ketika sedang ramai mengenai 'crafting', saya tertarik untuk belajar. Ketika sedang ramai ilmu bercocok tanam dengan cara hidroponik dan membuat komposter, saya juga mencoba. Ketika dibuka kelas menulis, saya pun bergabung. Ketika ada info tentang kelas Bahasa Arab, saya mendaftar, dan Alhamdulillah bisa selesai namun saya merasa kurang maksimal. Dan masih banyak hal-hal lain yang saya ikuti. Namun seringkali hal-hal tersebut tidak konsisten saya jalankan. Bahkan ada yang berhenti sama sekali.

2. Alasan terkuat yang anda miliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut

Saya merasa bahwa jika saya kurang fokus dan masih mencoba ini itu, saya tidak akan memperoleh hasil yang maksimal. Saya ingin menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi diri saya, keluarga saya, lingkungan sekitar, dan juga sebagai bekal hidup saya di akhirat kelak. Saya berharap dengan menekuni ilmu untuk mengenal diri saya, saya bisa benar-benar mengenal siapa saya, apa kelebihan saya, apa kekurangan saya, apa yang benar-benar saya minati, sehingga saya bisa melangkah ke depan tanpa rasa ragu.

3. Strategi menuntut ilmu yang akan anda rencanakan di bidang tersebut

Saat ini saya mengikuti kelas matrikulasi IIP, yang menurut testimoni teman-teman, dengan mengikuti kelas tersebut, kita bisa lebih mengenal siapa kita.
Saya juga berencana untuk mengikuti kelas talent mapping abah rama.
Merenung dan berdiskusi dengan teman-teman dekat untuk mendapatkan masukan, dalam hal apa saya tampak senang dan bahagia melakukan sesuatu.

 4. Berkaitan dengan adab menuntut ilmu, perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut?

Selalu memperbaharui niat, karena terkadang saya masih suka melenceng niatnya di tengah jalan.
Berusaha mencatat ilmu yang telah saya dapatkan untuk mengikatnya.


Tanjung, 21 Oktober 2016



No comments:

Post a Comment