Saturday 29 October 2016

Menjadi Ibu Profesional, Ibu Kebanggaan Keluarga

Materi Matrikulasi IIP minggu ke dua adalah Menjadi Ibu Profesional, Ibu Kebanggaan Keluarga.

WOW banget ya materinya. Rasanya kesentil, menjelang 10 tahun pernikanan, sudahkah saya menjadi seorang ibu yang profesional dan bisa dibangggakan oleh keluarga saya? Yaaa, saatnya untuk mengaca, dan  introspeksi (telat ga sih?).

Tahapan apa saja yang diperlukan untuk menjadi seorang Ibu Profesional? Menurut Ibu Septi Peni, ada 4 tahap yang harus kita lalui untuk menjadi seorang ibu yang profesional, yaitu :
a. Bunda Sayang. Ilmu-ilmu untuk meningkatkan kualitas ibu dalam mendidik anak-anaknya, sehingga bisa menjadi guru utama dan pertama bagi anak-anaknya b. Bunda Cekatan. Ilmu-ilmu untuk meningkatkan kualitas ibu dalam mengelola rumah tangga dan keluarganya sehingga menjadi keluarga yang unggul.
c. Bunda Produktif. Ilmu-ilmu untuk meningkatkan rasa percaya diri ibu, dengan cara senantiasa berproses menemukan misi spesifik hidupnya di muka bumi ini. Sehingga ibu bisa produktif dengan bahagia, tanpa harus meninggalkan anak dan keluarganya
d. Bunda Shaleha. Ilmu-ilmu untuk meningkatkan peran ibu sebagai agen pembawa perubahan di masyarakat, sehingga keberadaannya bermanfaat bagi banyak orang.

Indikator keberhasilan Ibu Profesional adalah Menjadi "KEBANGGAN KELUARGA"
Kalimat di atas adalah satu indikator utama keberhasilan seorang Ibu Profesional. Karena anak-anak dan suami kitalah yang paling berhak pertama kali mendapatkan ibu dan istri yang terbaik di mata mereka.
Maka yang perlu ditanyakan adalah sebagai berikut :
BUNDA SAYANG
a. Apakah anak-anak semakin senang dan bangga dididik oleh ibunya?
b. Apakah suami semakin senang dan bangga melihat cara istrinya mendidik anak-anak, sehingga keinginannya terlibat dalam pendidikan anak semakin tinggi?
c. Berapa ilmu tentang pendidikan anak yang kita pelajari dalam satu tahun ini?
d. Berapa ilmu yang sudah kita praktekkan bersama anak-anak?
BUNDA CEKATAN
a. Apakah manajemen pengelolaan rumah tangga kita menjadi semakin baik?
b.Apakah kita sudah bisa meningkatkan peran kita di rumah? Misal dulu sebagai “kasir” keluarga sekarang menjadi “manajer keuangan keluarga”.
c.Berapa ilmu tentang manajemen rumah tangga yang sudah kita pelajari dalam satu tahun ini?
d.Berapa ilmu yang sudah kita praktekkan dalam mengelola rumah tangga
BUNDA PRODUKTIF
a. Apakah kita semakin menemukan minat dan bakat kita?
b. Bagaimana cara kita memperbanyak jam terbang di ranah minat dan bakat kita tersebut?
c. Apakah kita merasa menikmati (enjoy), mudah (easy), menjadi yang terbaik (excellent) di ranah minat dan bakat kita ini?
d. Bagaimana cara kita bisa produktif dan atau mandiri secara finansial tanpa harus meninggalkan anak dan keluarga?
BUNDA SHALEHA
a. Nilai-nilai apa saja yang kita perjuangkan dalam hidup ini?
b. Apa yang ingin kita wariskan di muka bumi ini, yang tidak akan pernah mati ketika kita tiada?
c. Program berbagi apa yang akan kita jalankan secara terus menerus?
d. Apakah kita merasa bahagia dengan program tersebut?

Oleh karena itu, Nice Homework #2 kali ini, para peserta matrikulasi diminta untuk membuat Checklist Indikator Ibu Profesional, dengan panduan SMART yaitu Specifik (unik/detail), Measurable (terukur, contoh dalam 1 bulan, 4 kali sharing hasil belajar), Achievable (bisa diraih, tidak terlalu susah dan tidak terlalu mudah), Realistic (berhubungan dengan kondisi kehidupan sehari-hari), Timebond (berikan batas waktu).
Berdasar materi yang telah diberikan, saya menyusun target-target yang ingin saya capai. Adapun target-target tersebut saya buat untuk dilaksanakan selama 90 hari dengan evaluasi setiap 7 hari.
Checklist Indikator Ibu Profesinal yang telah saya buat dapat di download di sini 
 
Semoga apa yang sudah saya impikan dan cita-citakan, dalam list ini bisa berjalan sesuai rencana, dan saya bisa istiqamah menjalankannya. Semangat!!! Semoga bisa menjadi Ibu Profesional Kebanggaan Keluarga. Aamiiin.
 

No comments:

Post a Comment