Sunday 2 October 2016

Upgrade Selalu Imanmu dan Ilmumu

Marwah Daud Ibrahim. Saya mengenalnya melalui bukunya yang berjudul Menata Hidup dan Merencanakan Masa Depan (MHMMD). Buku ini saya dapat dari salah seorang teman ketika saya masih duduk di bangku kuliah. Menurut saya, beliau sungguh luar biasa. Bagaimana perjuangan beliau dari pelosok Sulawesi hingga ke benua Amerika, dan menjadi salah satu mahasiswa yang lulus tercepat walaupun dalam keadaan hamil. Dan saya terkagum-kagum dengan cara beliau memetakan hidupnya.

Kasus yang menimpa beliau akhir-akhir ini, saya turut prihatin. Dan kadang tak habis pikir. Mengapa beliau yang menurut saya sangat cerdas, bisa tersandung kasus yang 'ga masuk akal'.

Saya pun teringat dengan ceramah Ust. Bachtiar Nasir, yang berjudul Menjadi Generasi Qur'ani yang Berprestasi. Ciri generasi qur'ani adalah (1) mentauhidkan Allah. Benar-benar hanya menyembah Allah dan tidak menyekutukanNya dengan yang lain (2) memiliki akhlak yang baik kepada Allah, Rasul, orangtua, guru dan makhluk Allah yang lain.

Yaaaaa, ini kuncinya. Allah menyandingkan Iman dengan Ilmu. Ilmu sehebat apapun, jika tidak disertai iman, akan menyebabkan sebuah kerusakan. Begitu juga iman, yang harus diikuti dengan ilmu agar tidak tersesat. Karena, Allah akan mengangkat derajat orang yang beriman dan berilmu beberapa derajat lebih tinggi seperti yang tercantum dalam firmanNya QS Al-Mujaadilah : 11 "Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat".

Jadi, yuk upgrade selalu Imanmu dan Ilmumu.


No comments:

Post a Comment