Tuesday 6 December 2016

BELAJAR BAGAIMANA CARANYA BELAJAR

Belajar Bagaimana Caranya Belajar


Judul yang membuat saya merenung. Ya, karena selama ini saya belajar sesuai kebutuhan, mengalir tanpa rencana.

Sesungguhnya, setiap orang memiliki fitrah belajar. Namun fitrah belajar pada seorang anak dapat terkubur jika orangtua tidak mampu mendukung perkembangannya.

Salah satu cara yang diberikan oleh Ibu Septi Peni dalam Materi Matrikulasi Pekan #5 adalah meningkatkan fitrah belajar anak-anak dengan menggunakan pertanyaan 5W (What, When, Who, Where, Why) 1H (How) plus Which One. Metode ini dapat memicu rasa ingin tahu (curiosity) pada anak-anak, sehingga mereka akan selalu semangat dan suka belajar Sungguh, ini pe-er besar bagi saya, karena selain belajar menerapkan cara ini kepada anak-anak, saya juga berusaha menerapkannya pada diri saya sendiri.

Hal-hal utama yang ingin dan harus saya tingkatkan lagi adalah masalah akidah dan akhlak.

Pembelajaran masalah akidah bertujuan untuk mengenalkan anak pada Rukun Iman dan Rukun Islam, dan berusaha untuk melaksanakannya dengan baik dan benar sesuai dengan petunjuk Allah dan rasulNya. Beberapa sarana yang InsyaAllah akan saya lakukan adalah :
  • Merenungi kebesaran dan kekuasaan Allah sambil bermain, bertamasya, dan mengajarkan mereka untuk selalu bersyukur
  • Menceritakan sirah Nabi dan berusaha untuk meneladaninya
  • Mendekatkan anak dengan Al-Qur'an dengan cara berusaha memperdengarkan, membacakan dan mengajarkan mereka membaca Al-Qur'an serta mentadabburinya.
Pembelajaran Masalah akhlak bertujuan untuk membiasakan anak-anak berakhlak dan beradab Islami. Beberapa hal yang InsyaAllah akan saya lakukan adalah :
  • Rutin mengajarkan adab dan akhlak yang Islami dalam kehidupan sehari-hari, seperti adab makan, adab ke kamar mandi, akhlak bertetangga dan lain-lain
  • Menjaga emosi, menjaga komunikasi yang baik dengan anak, dan berusaha menjauhkan mereka dari pemandangan, suara dan cerita-cerita yang menakutkan.
Selain kedua hal tersebut diatas, saya ingin meningkatkan wawasan anak dengan cara mengenalkan beraneka ragam aktifitas dan gagasan agar mereka mengenal diri dan memiliki mimpi.



No comments:

Post a Comment