Thursday 29 December 2016

Kulwap IIP Solo Raya #2 - Blogger dan DIY Maker


BLOGGER & DIY MAKER

Sharing, Caring, Earning from Blog



















πŸ“• Resume Sepekan Kulwaap  Bersama IIP Solo RayaπŸ“•

πŸ—“ Senin, 19 Desember 2016

πŸŒ±πŸƒπŸŒ±πŸƒπŸŒ±πŸƒπŸƒπŸƒπŸ‚

Pemateri  : Tiaananda
Moderator: Deasy Irawati
Notulen.    : Siti Aisyah Rahmadi

Biodata Narasumber # 2 Sepekan Kulwaap Bersama IIp Solo RayaNama: Tiananda Widyarini (Tia)
TTL: Surabaya, Februari 1987
Pendidikan: S1 Teknik Industri ITS (2005)
Nama Anak: Raditya Zaki P. (13 bulan)
Nama Suami: Wirawan Aditya S.P
Aktivitas: IRT, Blogger, komite Indonesian Hijab Blogger, crafting
Domisili: Jakarta
IG: @tianandaw
FB: Tiananda Widyarini
Blog: www.tiananana.com

🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹
πŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸ‚πŸ‚πŸ‚πŸƒπŸƒ



Materi #2 _Kulwap Sepekan IIP Solo Raya_


Assalamu'alaikum ibu-ibu profesional yang baik ☺

Perkenalkan, nama saya Tia, IRT beranak 1 (13 bulan) yang memiliki blog www.tiananana.com.  Saya mulai menulis blog sejak tahun 2009 saat lulus kuliah sambil mengisi waktu mencari kerja. Isi blog saya saat itu adalah tutorial DIY Project, mix & match baju, hingga desain yang bisa diprint oleh pembaca (misalnya boneka kertas berhijab). Ternyata banyak pembaca yang berkomentar bahwa isi blog sangat menginspirasi dan bermanfaat. Bahkan ada guru TK dari Amerika yang mengirim email, boneka kertas saya diprint untuk murid-murid sekolahnya di sana. Senang sekali rasanya mendapat respon positif dari isi blog saya.

Alhamdulillah dari blog pula, ada wirausahawan yang menawari saya bekerja sebagai manager di bisnisnya, sesuai minat saya di bidang fashion saat itu  Kini saya sudah tidak bekerja di sana, tapi pengalaman itu membekas di ingatan saya, betapa blogging dapat membawa pengaruh besar dalam hidup.

Setelah menikah, isi blog saya banyak berkisah tentang traveling, review produk, hingga cerita saat berusaha untuk memiliki keturunan. Dari sana pula, malah banyak pembaca yang ikut curhat tentang usaha memiliki anak. Memang benar bahwa “Sharing is Caring”. Dengan niat berbagi informasi, kita ikut membantu para pembaca yang memiliki permasalahan sama. Minimal, pembaca dapat merasa ada teman senasib sepenanggungan, sehingga bebannya tidak terasa terlalu berat lagi.

*Kelebihan Blog Dibandingkan Medsos Lainnya*
Dengan menulis di blog,informasi yang kita sharing tidak tenggelam / hilang di timeline. Informasi bermanfaat selalu tersedia (bisa di-google) tanpa ada batas waktu.

*Apa yang Bisa Di-share di Blog?*
Tulisan dan foto yang bermanfaat bisa di-post. Review produk, cerita liburan, tips parenting, resep masakan, tak ada batas. Oiya, sebagai bocoran, review produk makeup / skincare biasanya mendatangkan traffic (pembaca) yang cukup banyak. Karena kalau kita ingin coba suatu produk, kita biasa browsing reviewnya dulu ‘kan ☺

*Agar Blog Enak Dibaca*
1. Gunakan template sederhana agar ringan dibaca & dibuka di HP pembaca

2. Paling aman, latar belakang berwarna putih & font hitam / abu tua

3. Font sederhana (readable), bukan jenis script

4. Perhatikan tata cara penulisan yang baik, misal huruf besar dan kecil, juga titik dan koma

*Agar Blog Ramai Dikunjungi*
1. Rutinlah menulis. Semakin banyak konten yang bermanfaat, makin banyak orang yang mencari informasi & betah berlama-lama di blog kita.

2. Ada baiknya memiliki tema khusus untuk blog, misalnya blog parenting, blog fotografi, blog traveling, dsb.

3. Tulislah judul postingan menarik dan “google-able”. Misalnya: daripada ‘Tips Merapikan Rumah’, tulislah judul ‘10 Cara Agar Rumah Terlihat Rapi Walaupun Punya Anak Balita’, atau daripada ‘Cerita Lipstik Favorit’, sebaiknya tulis merknya juga ‘Review Lipstik XXX Untuk Bibir Kering’

4. Penting! Rajin blogwalking dan meninggalkan komentar di blog orang lain. Bisa jadi mereka akan memberikan kunjungan balik, dan malah jadi pembaca setia blog kita.

5. Share link postingan di media sosial dan komunitas blogging.

*Mendapatkan Penghasilan Dari Blog*
Banyak jalan untuk memperoleh pemasukan dari kegiatan blogging. Berikut ini beberapa caranya, diurutkan dari yang paling mudah (untung sedikit) hingga yang membutuhkan usaha (untung lebih besar):

1. Google Adsense, kita memasukkan kode untuk iklan di blog. Pemasukan akan didapatkan bila ada pengunjung blog yang meng-klik iklan tersebut. Makin ramai pengunjung blog, makin besar peluang pemasukannya. Mudah, namun keuntungan per klik-nya memang kecil.

2. Link Affiliasi. Kita memasang iklan dengan kerjasama. Biasanya brand menawarkan pada blog yang sudah established / memiliki cukup visitor. Kita mendapat keuntungan apabila ada pembaca yang berbelanja (terjadi transaksi) melalui link yang kita post di blog.

3. Artikel endorse/ link berbayar. Biasanya, saat blog mulai dikenal, agensi mengirimkan email untuk kerjasama dengan suatu brand. Blogger diminta menulis suatu post atau review produk dengan imbalan jasa berupa uang, produk, atau keduanya.

4. Memasarkan produk sendiri. Banyak blogger yang memanfaatkan blog sebagai sarana memasarkan produknya. Misalnya fashion blogger yang menyelipkan brand-nya pada sebagian besar postingan. Namun sebaiknya jangan terlalu hard selling, karena blog berbeda dengan online shop. Gunakan blog untuk membangun personal branding dan 'trust' dari pembaca / calon pembeli 😊

Semoga materi ini bermanfaat dan memberi inspirasi untuk berbagi melalui blog ya.

Wassalamu'alaikum wr.wb.
Tiananda
www.tiananana.com

πŸ“πŸ“πŸ“πŸ“πŸ“πŸ“πŸ“πŸ“πŸ“

1⃣ Ainul Luthfiana - Kediri (jawa timur)

Ada tutorial untuk bikin blog dengan domain pribadi kah mbak? πŸ™πŸ»
Saya sudah punya akun blogger dan pengen punya blog berbayar pake domain sendiri supaya lebih menjual tp kesulitan untuk setting website. Saya benar2 nol pengetahuan ttg membuat blog dengan domain pribadi. Mohon pencerahannya. Terimakasih πŸ™πŸ»
➡ Untuk migrasi dari situs blog gratis ke domain pribadi, terlebih dahulu harus beli domain dari penyedia jasa.

Saya sendiri pakai blogger.com lalu beli domain di IDwebhost (tidak harus beli di sini). Hosting tetap pakai yang gratis di blogger.com.

Cari tutorial migrasi dari blogspot.com ke .com, dan benar-benar diikuti tiap langkahnya. Kuncinya teliti & sabar ikuti alurnya ☺ Kadang kita ada mindset tidak bisa utak atik karena terlihat ribet, padahal pasti bisa lho asal menyediakan waktu πŸ˜‰ ✅

2⃣ Barlian_Purwokerto

1. Apa kendala menjadi bloger?
2. Maaf bila kurang sopan, berapa penghasilan rata2 perbulan dari blog?
3. Bagaimana cara memulai menggunakan google adsense?
➡ 1. Kendala: kurang manajemen waktu untuk menulis. Karena bukan pekerjaan utama, kadang blog terbengkalai. Solusinya sebetulnya mudah sih, manfaatkan aplikasi blogging di HP 😊

Lalu tantangan berikutnya: proses editing agar postingan terlihat rapi, dari segi struktur kalimat (terus terang saya bukan orang yang ahli menulis), hingga editing foto-foto penunjang isi postingan.

2. Penghasilan saya dari blogging belum bisa menginspirasi ibu-ibu πŸ˜„ Minimal cukupnya untuk rekreasi jajan cantik di akhir pekan.

Namun kalau blogging dilakukan lebih serius, penghasilannya tidak terbatas (tergantung banyaknya tawaran postingan berbayar). Beberapa teman saya dari komunitas, bisa mendapatkan Rp 350.000 hingga jutaan rupiah per postingan. Tinggal dikalikan saja dengan kemampuan menulis berapa post per bulan.

3. Memulai dengan mendaftar 😊 lalu ikuti langkah-langkahnya. ✅

3⃣ Evy-prambanan

utk yg newbie cara buat blog apa dulu yg bs d pelajari y.syukron
➡ Apabila belum ada blog sama sekali, bisa langsung praktek dibuat saja bu 😊 mudah sekali, asalkan sudah ada alamat email. Setelah ada blog, coba buat 1 postingan awal dan diutak atik cara memasukkan link,
gambar, cara publish, memasukkan label. Nantinya post percobaan ini bisa dihapus. ✅

4⃣Susi - Jepara

 Jika kita punya interest di beberapa niche/jenis tulisan, baiknya dicampur jadi 1 blog atau dipisah sesuai niche-nya?
Jika blog lebih dari 1, bagaimana teknis blogwalking-nya? Apakah 1 kunjungan 2 komentar dengan link berbeda?
 Terima kasih.
➡ A. Blogger profesional biasanya memisahkan blog berdasarkan niche. Namun apabila belum sanggup me-manage lebih dari 1 blog, gunakan saja fungsi Label pada blog. Jadi pembaca bisa mudah mencari topik sesuai minatnya.

B. Bebas πŸ˜„ Namun menurut saya, karena komen tersebut muncul dari orang yang sama, kenapa harus komen 2x dengan link berbeda? Gunakan saja link blog yang niche-nya sesuai dengan niche blog yang dikunjungi.✅

5⃣ πŸ™‹πŸ» Tri - karanganyar

saya duluuu sekali saat blum punya bebi pernah punya blog...
minta tolg di share pengalaman berkesan atw success story nya...
sama tips menjadi blogger utk saya yg ga pintar nulis bagaimana ya?
jazakumulloh khoir
➡ A. Pengalaman berkesan saat blogging: dapat pekerjaan, dikontak beberapa majalah online untuk menjadi kontributor, mendapat teman-teman baru.

Oiya ada tips untuk bisa dikenal agensi, selain harus rutin blogging (agar blog memiliki konten bermanfaat, banyak dikunjungi, punya nilai jual), coba ikut komunitas blogging & daftar marketplace jasa influencer misalnya sociabuzz/goviral.

B. Jika merasa tidak pintar menulis, justru harus sering-sering menulis untuk mengasah kemampuan. Setelah selesai menulis 1 post, coba dibaca ulang, tempatkan diri sebagai pembaca. Apakah dibacanya enak, alurnya pas, atau ada yang kurang? Dari sana pelan-pelan cara penulisan diperbaiki.✅

6⃣ πŸ™‹πŸ» Deasy - Cirebon.

Adakah etika khusus dalam bermain blog?? Adakah privasi yang harus di jaga? Atau bebas menulis apa saja. Trimakasih
➡ Etika saat ngeblog sama seperti etika dalam keseharian. Tetap harus dijaga karena tulisan 'abadi' di dunia maya. Privasi juga diperhatikan, seperti nama anak, sekolah anak, alamat rumah dll. ✅

7⃣ Fian - Iip Bali

Saya mau bertanya:
1. Bagaimana cara nya agar blog kita berada di halaman pertama google?
2. Dalam 1 blog baik nya memiliki 1 tema apa lebih dari 1,
Mana yang menurut mba lebih efektif? Misal 1 tema ttg parenting atau bisa campur ttg perenting, kosmetik dll..
3. Baik nya dalam 1 pekan mengupload brp tulisan haruskah tiap hari? Atau minimal brp hari sekali?
Terima kasih mba sebelum nya.. 😊
➡ 1. Agar artikel bisa di halaman depan google, pastikan judul dan isinya 'google-able', memang dicari orang lain. Tulis nama produk (yang biasanya dicari orang saat review) di judul, atau tulis hal yang dipertanyakan orang di google. Misal, 'Review Kuliner: Restoran Halal ABC di Solo'. Ulang-ulang kata-kata tersebut di dalam isi post. Istilahnya, mengulang-ulang keyword.

Contoh judul artikel saya yang masuk halaman awal google: Review Secret Key vs SK II (mungkin banyak orang yang penasaran), serta Tokyo Banana Is Not Halal (sekarang nomor 8 di google untuk pertanyaan 'is tokyo banana halal?', dulu pernah lebih atas lagi hehehe :p)

2. Terjawab di pertanyaan terdahulu (nomor 4)

3. Berapa kali ngeblog? Sesuai kemampuan. Kalau mampunya 1 minggu sekali, monggo. Seminggu 4x, bagus. Tapi usahakan rutin waktunya. Tips: Misal biasanya mampu seminggu sekali, ketika tiba-tiba dapat wangsit 4 postingan sekaligus, jangan langsung di-upload semuanya hehehe. Jadikan sebagai Scheduled Post untuk beberapa hari berikutnya sehingga terkesan kita 'rutin' menulis. Ini akan berpengaruh di rank kita (apabila menganggap rank penting).✅

8⃣ Chika - Solo

1. Sering liat ada logo emak bloger, atau ihb dll gt. Maksutnya gmn ya? Itu komunitas bloger ya? Utk join2 gt ada syarat khusus atau gmn?

2. Lbh suka blogspot atau wordpress? Knapa?
➡ 1. Banyak komunitas blogger, misalnya Kumpulan Emak Blogger (KEB), Indonesian Hijab Blogger, Blogger Perempuan, dll. Untuk join, bisa diikuti langkah-langkah yang tercantum di web masing-masing komunitas. Beberapa keuntungan ikut komunitas blogging adalah bisa sharing link blog, networking, dan dapat peluang bila ada yang butuh jasa blogger :)

2. Saya pribadi lebih suka blogspot karena dari awal utak-atiknya di sana :D Namun pendapat bisa beda-beda. Kalau wordpress bisa dijadikan web profesional hingga e-commerce, tapi tentu butuh waktu untuk menguliknya.✅

9⃣ Wahyu - Solo
1. Ada istilah back link, apa mksdnya istilah itu di dunia blogger?
2. Cara menaikkan traffic yg paling efektif itu gmn mb?
➡ 1. Back link adalah link yang merujuk ke website kita (bisa ke homepage atau halaman post tertentu). Manfaatnya banyak dari segi SEO, meningkatkan rank dan traffic. Misalnya ada orang membahas parenting, mengutip salah satu tips dari blog kita. Atau ketika kita menulis artikel, kita juga bisa merujuk ke halaman post terdahulu yang berhubungan.

2. Menaikkan traffic, saya juga masih belajar πŸ˜‰ Kalau bisa sih membuat artikel yang bersifat viral, judulnya fenomenal, orang pasti minat baca atau repost. Kalau belum bisa seperti itu, rajinlah sharing artikel blog melalui medsos dan komunitas. Tinggalkan pula komentar yang bermanfaat & relevan di blog orang lain, sehingga ada kemungkinan kunjungan balik. ✅

 πŸ”Ÿ πŸ™‹πŸ»Ira - Solo.
1. Bagaimana mengoptimalkan sebuah blog untuk marketing produk?
2. Apa kelebihan dan kekurangan blogspot dan wordpress? Jika keduanya berbayar, fasilitas apa yang kita dapatkan?
➡1. Jika tujuan blog adalah sebagai display online shop, monggo isi postingan dengan produk dan deskripsi yang jelas beserta cara pemesanannya. Bila blog menjadi blog pribadi / personal branding, marketing produk bisa soft-selling. Gunakan produk pada beberapa isi postingan, pasang logo & info usaha di sidebar blog, ceritakan perjalanan usaha, 'behind the scene' suatu produk, dsb.

2. Dijawab di artikel ini ya bu  www.forumblogindo.com/2015/05/blogspot-vs-wordpress-siapa-menang ✅

 1⃣1⃣ πŸ™‹πŸΏfathimah - temanggung.

Bagaimana cara menulis blog agar tidak terlalu personal tapi tetap menarik?
Beberapa blog yang saya baca, kalau hanya menuliskan cara/tips tanpa memasukkan sisi personal, terasa kering. Sementara blog yang asik ya, yang banyak curhatnya/ memasukkan kehidupan pribadi blogger ke dalam tulisannya.

Saya pengen nulis blog, tapi gak pengen terlalu memasukkan hal2 pribadi atau personal di dalamnya, tapi blognya tetap punya jiwa.
➡ Tetap harus ada sisi personalnya, bunda. Itu yang membedakan blog dengan website artikel seperti di majalah. Hal-hal yang mau di-share ditetapkan batasannya. Misalnya kalau ada tips untuk obat batuk, ceritakan saja latar belakangnya, dapat tips dari mana, lalu pengalamannya setelah mencoba bagaimana :) Tulis blog seperti kita sedang bercerita ke teman sendiri. ✅

 1⃣2⃣ πŸ™‹πŸ» Mila - Sukoharjo.
Saya mau tanya mb cara membuat blog itu gmna dan bgmn caranya agar blog qt itu menarik ? Maaf saya msh gaptek sekali mohon penjelasannya ya bunda?
➡ Monggo dibuka blog gratis misalnya blogger.com, lalu register akun email. Ikuti saja langkah-langkahnya bu. Untuk awal-awal jangan dipikir menarik atau tidak, tapi coba posting dahulu. Tulis sesuai kesukaan. Sambil jalan, dipelajari cara memasukkan header yang menarik, layout yang apik. Tutorialnya ada banyak di google, mudah kok. Apabila butuh jasa edit header boleh hubungi saya lagi nanti (hehehe) ✅

1⃣3⃣ πŸ™‹ Defi -Solo

Mba tya, terimakasih atas ilmunya. Mba, kasih tips milih alamat blog donk... dan enak gak enaknya blog berbayar dan gratis.
Terimakasih ☺
➡ Memilih alamat blog bisa nama pribadi (untuk personal branding), atau sesuai isi tema blog (misal TipsMasakSambilMeremPastiBisa.com hehehe). Enaknya blog gratis, tidak perlu bayar πŸ˜„ Namun domain berbayar keuntungannya adalah mudah diingat, meningkatkan branding pribadi dan nilai jual ke klien yang membutuhkan jasa blogger (ini hubungannya ke alexa rank, domain authority dll yang bahasannya lebih serius) ✅
1⃣4⃣ πŸ™‹πŸ» Ratna - Solo.

 Bagaimana mengubah blogspot menjadi dot com? (Gratis menjadi berbayar)
➡ Terjawab di nomor 1 ✅

1⃣5⃣πŸ™‹πŸ» Evin, purwokerto

1. Bagaimana caranya ngeblog plus dapet penghasilan, blm begitu faham tentang adsend dkk nya itu..mohon penjelasan nya bun?
2. Biasanya topik2 yg menarik dan diminati oleh pembaca apa? Selain produk make up..
3. Bgmna agar kita di lirik wirausaha dan di ajak kerjasama, oya tentang iklan di blog itu gmn mksutnya yah?
➡ 1. Untuk Adsense bisa daftar diwww.google.co.id/intl/id/adsense/start/ lalu ikuti saja langkahnya, bunda. Isi datanya dulu, nanti apabila lolos akan diberikan kode html yang harus dimasukkan ke template blog. Kalau saya pribadi, pernah menggunakan adsense tapi setelah satu tahun saya remove karena kurang menghasilkan dan membuat tampilan blog 'penuh'. Mungkin efektif kalau blog kita sangat ramai pengunjung tiap harinya.

2. Topik yang menarik bagi tiap orang berbeda, bunda. Sebaiknya tulis saja topik yang menarik bagi bunda agar lebih luwes menulisnya :) Bisa juga ketika bunda ada permasalahan lalu bertanya ke google, ternyata artikel yang dibutuhkan tidak tersedia. Dari situ terpikir untuk menulis topik tersebut.

3. Kalau blog sudah established, biasanya ada tawaran sponsored post yang datang dengan sendirinya (pada saya, terjadinya setelah 3 tahun blogging hehehe, lama ya?). Misalnya ada web e-commerce yang ingin memasang link di artikel. Bisa juga dengan ikut komunitas blogging (sering ada tawaran ikut event atau mereview produk, kadang dibayar oleh penyelenggara). Join juga platform jasa influencer (misal sociabuzz). ✅

1⃣6⃣ πŸ™‹πŸ»Rita - klaten,
mau nanya bun apa kelebihan memakai domain berbayar drpd yg gratis? Dan sebagai pemula, bagaimana cara mendapatkan pemasukan dari blog? Terimakasih
➡ Sudah terjawab sebelumnya ya bu Rita ☺✅

1⃣7⃣Ainul Lutfiana - kediri.
Cara dapet penghasilan dr blog gimana ya mbak? Apakah pake afiliasi? Atau ada yg lain juga?
Trus harus pake domain atau bisa blog gratisan mbk?
➡ Terjawab juga dari materi & pertanyaan sebelumnya. Mengenai domain, baik yang gratis maupun berbayar sama-sama ada peluang mendapat penghasilan. Hanya saja peluangnya lebih besar pada yang memiliki domain sendiri. Karena kadang perusahaan mencari blogger (melalui agensi) yang sudah punya domain sendiri, untuk meningkatkan rank mereka melalui penempatan link di blog kita. ✅

1⃣8⃣πŸ™‹πŸ½ Mesa - Jombang

Salam kenal mba Tia, senang sekali mendapat kesempatan berinteraksi langsung dengan mba Tia. Ada beberapa pertanyaan yang ingin saya ajukan terkait blog,
1. Tampilan yang menarik tentu membuat pembaca nyaman berlama-lama singgah di blog kita. Dari pengalaman mba Tia nge-blog, aplikasi apa saja yang biasa digunakan untuk mempercantik tampilan blog maupun postingan?
2. Bagaimana strategi mba Tia membagi waktu untuk mengelola blog dan menjalankan peran sebagai istri dan ibu? Adakah tips trik khusus?
3. Mba Tia ngeblog dari tahun 2009, berarti sudah 7 tahun ya. Dalam jangka waktu tersebut, pernahkah mba Tia vakum dari blog? Apa tujuan akhir yang ingin mba Tia capai sehingga bisa konsisten ngeblog hingga sekarang?
Terimakasih banyak ☺
 ➡ Salam kenal Mesa πŸ˜†
1. Untuk membuat header & logo biasanya pakai Photoshop. Kalau untuk edit foto, antara Photoshop atau Photoscape yang gratis ☺

2. Setelah punya anak, mau nggak mau ngeblognya saat bayi sudah tidur, yakni malam ke tengah malam hehehe. Teman-teman saya yang 'ngantor' malah lebih rutin ngeblog karena bisa memanfaatkan waktu di perjalanan & istirahat kantor sambil ngeblog.

3. Vakum? Sering πŸ˜„ Ketika mood ngeblog nggak kunjung datang. Berasa tidak ada yang bisa ditulis, malas memilih foto untuk di-post, nggak menemukan waktu dll. Kalau rajin ngeblog mungkin sudah ngetop seperti Fifi Alvianto *eh πŸ˜›

Tapi balik lagi sih, saya suka ngeblog. Saya suka baca-baca lagi pengalaman saya di dalam blog. Saya bahagia ketika ada komentar yang masuk, menandakan artikel ini ada yang baca, ada yang terbantu. Sesederhana itu motivasinya πŸ˜€ ✅

No comments:

Post a Comment