Wednesday 25 November 2015

Batuk? Ya Wedang Jahe






batuk, sering banget mampir ke diriku, rasanya baru 1 bulan sembuh, eh kambuh lagi dan bisa berlangsung sampai 1-2 bulan, hebat yak? hehehe, terutama kalo lagi capek, makan ga teratur, ga sempat olahraga, dan akhirnya ngedrop deh.



riwayat alergi memang ada di keluarga, dari ibu yang rhinitis, aku yang sering batuk ga jelas, adik yang satu sering urtikaria - biduran - yang lain lagi suka sesak nafas. dan keadaan ini diperparah dengan terpaparnya kami dengan susu formula sejak dari lahir. dulu belum ada ilmu tentang manajemen asi perah boooo!!!

ngobrol masalah batuk, batuk memang reaksi normal, merupakan salah satu pertahanan tubuh kalo ada benda asing yang masuk ke saluran nafas bawah. bayangin aja kalo kita ga bisa batuk, debu, kuman dan kotoran yang lain bisa numpuk tuh di paru paru. jadi bersyukurlah kalo kita masih bisa batuk.

cuma, kadang batuk yang ngikil banget dan sampai mengganggu aktifitas sehari hari, memang ga nyaman. nah salah satu resep ajib buatku kalo lagi batuk adalah minum wedang jahe. rasanya? dijamin maknyus. gatal di tenggorokan berkurang, dan akhirnya batuk ngikil pun berkurang.

aku suka bikin sendiri wedang jahenya, tinggal siapin 3-5 buah jahe ukuran besar, 2-3 batang serai, gula jawa secukupnya, dan seujung sendok garam. masukin ke air mendidih, rebus dengan api kecil. eh airnya biasanya aku pake 2 L, dan direbus smp jadi 1 L. mau diminum hangat oke, buat disimpan masuk kulkas dan diminum kapan pun juga oke. 

*diketik sambil nyruput wedang jahe anget*


 

2 comments:

  1. apa semua jahe bisa dbuat minuman?termasuk jahe merah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari literatur yang saya baca, ada 3 jenis jahe, yaitu jahe gajah yang rimpangnya besar dan gemur, jahe putih/kuning kecil atau jahe emprit, dan jahe merah. Ketiga jenis jahe diatas bisa dikonsumsi dalam bentuk wedang jahe. Cuma saya pribadi belum pernah mencoba membuat wedang jahe dari jahe merah, karena jahe merah lebih susah dicari di pasaran.

      Delete