Monday 25 January 2016

Ngaji Terus, Aku Bosen!!!


Ngaji terus, ngaji terus, aku bosen!!

Kenapa sih kok harus ngaji? Aku capek..

Aku ga mau ngaji. Males!!









Huhuhu... cukup sering dengar kata-kata diatas, terucap dari bibir mungil mereka. Dan emaknya langsung galau.

Yaa, memang sih bosan itu hal yang biasa dalam hidup. Tapi kalo kelamaan bosan, malas dan capek ngaji ya bakalan gawat.

Duluuuu, karena amat bingungnya, dan masih sangat sangat amatir, cuma bisa ngasih tau, ngaji itu penting, ngaji itu dpat pahala, ngaji itu ..., ngaji itu ..., bla bla bla, tanpa bisa memberikan alasan yang 'nyata' untuk mereka.

beberapa waktu yang lalu, ketika kata-kata tersebut keluar lagi, alhamdulillah bisa menjawab dengan gagasan dan alasan yang 'sedikit cerdas'.

Ibu : gini, coba bayangkan, kita dari tanjung mau ke banjarmasin, tahu ga jalannya?
B + A : tahu
I : dari mana tahunya?
B + A : dari ayah
I : ayah tahu dari mana?
B + A : ayah kan udah pernah
I : nah, oke. ayah udah pernah, jadi tahu. sekarang bayangkan lagi, kalo ayah belum pernah ke banjarmasin, terus gimana caranya?
B + A : tanya sama orang
I : nanya sama orang yang udah pernah ke banjarmasin kan?
B + A : iya
I : kalo belum pernah ada yang ke banjarmasin, ato ga ada yang bisa ditanya jalan ke banjarmasin gimana?
B : ah ibu ni, kan di hp ada, di google map
I : oke, jadi pake peta ya
B : iya
I : nah, sekarang kita ini, hidup, nanti pengennya kemana? surga ato neraka?
B + A : surgaaaaa
I : ada yang pernah ke surg dan bisa kita tanyain jalannya?
B + A : ya belum bu
I : jadi harus pakai peta?
B + A : emang ada peta ke surga?
I : naaaah, ini nih peta menuju surga *sambil sodorin Al-Qur'an sama buku Ummi
I : jadi tahu kenapa kita harus ngaji?
A : biar bisa ke surgaaa...
I : yes, yuk kita ngaji

Alhamdulillah, satu masalah selesai, walaupun kadang-kadang masih suka muncul, tinggal ngingatin mereka dengan percakapan diatas deh..

Nah satu cara satu lagi yang baru 3 minggu ini saya terapkan biar mereka tambah semangat adalah pemberian "reward".

Pencatatan dan pemberian reward ini jadi tambah mudah setelah pake reward chart dari el-hana kalender. Tulis apa yang harus mereka lakukan tiap hari, dan begitu mereka selesai ngerjakan, mereka langsung nulis sendiri bintangnya. Mereka pun akan dengan senang hati mengerjakan kegiatan yang belum dapat bintang hari itu.



Si adik sih milih rewardnya tetep makanan, es krim. Kalo si mas, dia milih lego.. Alhamdulillah cukup lancar dalam 3 minggu ini.

Dan yang penting tidak ada lagi teriakan aku bosan, aku malas, aku capek ketika jadwal mengaji tiba.

Dan yang mau punya kalender el-hana plus reward chartnya, bisa langsung hubungi saya :D 

20 comments:

  1. Bunda cerdas ����
    Punya pengalaman sama suka galau n cemas...bisa ditiru n di praktekin nich😉😉

    Thank😘

    ReplyDelete
  2. aaa artikelnya inspiratif, jadi pengen bikin catatan reward juga buat anak2 di rumah. Makasih ya mba..

    ReplyDelete
  3. Itu sih aku dulu pas anak2 mba :D mungkin yaa alasan anak kecil dan org dewasa jg aku yakin, bosen utk ngaji krn ga ngerti apa yg dibaca. Aku sih krn itu.. Beda kan ama baca novel.. Tp tips utk ga ngerti arti alquran sih aku pernah baca dulu...

    Jd ceritanya ada pengangkut air disuruh bawa air dlm wadah kotor dan berlubang pula. Otomatis sampe di tmpat yg dituju airnya udh abiskan. Tp dia ttp diauruh bgitu berkali2. Marah dunk dia ama gurunya. Dia blg itu kerjaan sia sia. Tp gurunya minta utk mlihat apa peprbedaan dr ember berlubang itu. Ternyata embernya jd bersih yg tadinya kotor bgt. :) intinya baca alquran walo g ngerti arti, ya bkl biin hati org yg membaca bersih ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ide bagus mba, bisa dicoba. makasih ya mba..

      Delete
  4. Itu sih aku dulu pas anak2 mba :D mungkin yaa alasan anak kecil dan org dewasa jg aku yakin, bosen utk ngaji krn ga ngerti apa yg dibaca. Aku sih krn itu.. Beda kan ama baca novel.. Tp tips utk ga ngerti arti alquran sih aku pernah baca dulu...

    Jd ceritanya ada pengangkut air disuruh bawa air dlm wadah kotor dan berlubang pula. Otomatis sampe di tmpat yg dituju airnya udh abiskan. Tp dia ttp diauruh bgitu berkali2. Marah dunk dia ama gurunya. Dia blg itu kerjaan sia sia. Tp gurunya minta utk mlihat apa peprbedaan dr ember berlubang itu. Ternyata embernya jd bersih yg tadinya kotor bgt. :) intinya baca alquran walo g ngerti arti, ya bkl biin hati org yg membaca bersih ;)

    ReplyDelete
  5. bunda kereen ^^, analoginyi dimainkan. Coba waktu kecil nggak ada yang nakut-nakuti saya ngaji, mungkin ngajinya nggak pake nangis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang udah ga pake nangis lagi kan mba :D
      makasih ya sudah mampir..

      Delete
  6. Wah, keren Bundanya bisa ngajak ngobrol kayak gt. Perlu ditiru ortu2 lain nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. aslinya cerewet mba, kalo ga ngomong ga lega :D
      makasih ya sudah mampir ke sini..

      Delete
  7. Jadi inget jamannya ngaji dulu, blm musim TPA. Alhasil manggil guru ngaji ke rumah, duh males itu emang yaaaa higgapnya di mana aja hihi..alhamdulillah berkat bimbingan ortu jadi nggak terlalu males ngaji. Bahkan skrg di kantor malah diadain ngaji trus tiap lepas ashar, subhanallah. Tfs ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuih mantap, kantor mana tuh mba? bisa ditiru..
      btw makasih ya udah mampir

      Delete
  8. Waaaah menginspirasi banget nih mom. Kebetulan walaupun anak-anak ngajinya panggil guru kerumah tapi kadang emang suka ngambek juga nggak mau ngaji. Hehe. Makasi sharingnya ya Maaak

    ReplyDelete
  9. wah untungnya anak2ku paad gak males ngaji krn gak setiap hari sih diselingi dg kegiatan lain yang dia suka. waalu tdk setipa hari dia tak pernah ketinggalan dg teman yg lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah beruntung banget mba. anakku masih suka moody, kaya emaknya :D

      Delete
  10. Wah seru ya pakai rewards, aq blom pnah bikin nih, tfs Mak:)

    ReplyDelete