Saturday 21 May 2016

"Gimana Cara Cacing Menyuburkan Tanah Bu?"


"Gimana caranya cacing menyuburkan tanah Bu?" 
Lontaran pertanyaan dari kiddos yang membuat saya harus kembali mengorek memori.

***
“Ibu, ada cacing gendut”, teriak si Adik ketika kami membongkar pot-pot di rumah dan akan menggantinya dengan tanah yang baru.

“Mana mana?” sahut si Mas.

Mereka berdua pun lanjut mengeksplorasi cacing dan berusaha mencari cacing-cacing yang lain sambil menemani saya membereskan pot dan tanah yang berserakan.

“Ayo, kalo sudah selesai, cacingnya taruh lagi di pot ya,” kata saya.

“Biar tanahnya subur ya Bu?”

“Gimana caranya cacing bikin tanah jadi subur Bu?”

“Nah itu yang harus kita cari, yuk cuci tangan dulu.”

Sambil mencuci tangan, saya menjelaskan bagaimana cara cacing menyuburkan tanah. Ketika cacing mencari makan di tanah, dia akan membuat lubang, sehingga tanah menjadi berongga-rongga, dan itu memudahkan akar tanaman untuk mendapat makanan dan air. Sesederhana itu penjelasan saya.

Siang harinya, saya pun berusaha mencari tahu apa yang membuat cacing bisa menyuburkan tanah, karena mendadak saya kurang puas dengan jawaban yang saya berikan pada kiddos tadi pagi. Dan MasyaAllah, ternyata cacing tanah (Lumbricus rubellus) bisa membuat tanah subur dengan banyak cara lho..

Lumbricus rubellus
  • Cacing membuat lubang-lubang di tanah dengan memakan butiran-butiran halus tanah, sehingga tanah menjadi berongga-rongga. Rongga di tanah ini akan memperbaiki aerasi dan drainase air, sehingga tanah menjadi lebih gembur. Menurut seorang ahli tanah, cacing bahkan mampu membuat lubang di tanah hingga kedalaman 1 meter. Lubang-lubang yang dalam ini akan meningkatkan penyerapan air di tanah. Jadi selain memperbaiki aerasi dan drainase, cacing juga penting untuk konservasi air tanah. (Yeay, jawaban saya ternyata ada di poin ini, walaupun kurang lengkap, tapi lumayanlah...)
  • Butiran-butiran kecil tanah yang dimakan cacing akan dikeluarkan dalam bentuk kotoran. Kotoran si cacing ini mengandung unsur hara Nitrogen, Phospor dan Kalium yang akan memperkaya mineral tanah dan merupakan nutrisi yang sangat penting bagi tanaman.
  • Cacing adalah hewan pengurai. Dia akan menguraikan sampah-sampah organik dan mengubahnya menjadi unsur hara. Dapat dibayangkan jika cacing tidak ada, mungkin banyak tumpukan sampah di bumi ini. 
Wah, ternyata cacing, si hewan melata yang kadang membuat jijik orang, dan hobi berada di tempat-tempat kotor sangat bermanfaat untuk kehidupan kita. Jadi sayangi cacing, dan kalau menemukannya, letakkan kembali dia ke tanah ya...




No comments:

Post a Comment