Wednesday 15 February 2017

Komunikasi Produktif Itu...

Komunikasi. Suatu hal yang kita lakukan sehari-hari, bahkan sejak lahir. Namun, walaupun telah terbiasa melakukannya, tidak semua orang mampu berkomunikasi secara produktif meskipun usia beranjak dewasa. Seperti saya contohnya. 35 tahun berkomunikasi, masih belum juga ahli.

12 gaya komunikasi yang populer (yaitu memerintah, menyalahkan, meremehkan, membandingkan, memberi cap, menasehati, mengancam, membohongi, menghibur, mengkritik, menyindir, menganalisa) namun tidak produktif ini seringkali saya lakukan, baik kepada suami, anak, teman dan juga diri saya sendiri. Dan efeknya? Membuat hidup saya menjadi 'menderita'. Kenapa? Karena pantulan energi negatif yang selama ini saya pancarkan semakin banyak.

Itu dulu. Saat ini, saya sedang berjuang untuk mempraktikkan komunikasi produktif. Dan bersama kelas bunda sayang, saya merasa lebih mudah melaksanakan perubahan ini karena adanya panduan, teman yang senasib sepenanggungan, dan juga mentor yang berpengalaman.

Baru berjalan satu bulan, dan saya merasa sedikit melakukan perubahan dengan gaya komunikasi. Namun efek yang saya rasakan sungguh luar biasa. Saya bisa ngobrol santai dan berbicara dengan suami dan anak-anak tanpa emosi dan tanpa nada tinggi. Respon yang mereka berikan pun saya rasakan sungguh luar biasa.

Saya menikmati hasilnya, dan saya tahu, perjuangan pembelajaran ini tidak berhenti disini. Saya harus terus belajar, menerapkan kaidah-kaidah komunikasi produktif. Belajar mendengar, belajar berempati, kontak mata, bahasa non verbal,memilih waktu yang tepat dan lain sebagainya.

Semoga saya bisa selalu istiqamah. Aamiin...

#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

No comments:

Post a Comment