Monday 27 February 2017

Melatih Kemandirian #day1

Hmmm, melatih kemandirian. Satu tantangan buat saya. Karena saya selama ini masih suka merasa ga tega, kasihan. Tapi saya tahu bahwa suatu saat saya harus tega melakukannya, karena saya tidak selamanya bersama mereka. Dan inilah saatnya.

Merenung dan berdiskusi dengan suami, akhirnya kami memutuskan melatih kemandirian untuk berani tidur sendiri untuk si Mas. Kami hanya bertugas mengantarkan ke kamar, membacakan buku, menemani berdo'a dan kemudian ditinggal. Selama ini kami terkadang masih menungguinya sampai benar-benar tertidur dan baru berani meninggalkannya.

Protes? Iya, si Mas pun bertanya, kenapa? Kan cuma sebentra aja Ibu nungguinnya? Paling cuma beda 10 menit, katanya. Saya jelaskan bahwa Mas sudah besar, sudah waktunya berani berangkat tidur sendiri. Gimana kalo nanti Mas sekolah jauh dari Ibu sama Ayah? Kan harus bisa tidur sendiri tuh, jawab saya.

Tantangan kemandirian untuk si Adek adalah bangun sendiri ketika Subuh. Adek terkadang sudah bangun saat adzan subuh tapi masih males-malesan di kasur. Dan kalo sedang kumat manjanya, dia minta digendong ke kamar mandi. Duh ini yang saya masih suka ga tega. Ga papa gendong ke kamar mandi asal Adek bisa sholat tepat waktu.

Ketika Adek diberi tahu, wajahnya langsung cemberut. Tapi...

Bismillah, insyaAllah jika kami konsisten untuk melaksanakannya, kami bisa. Mas bisa, Adek bisa...

Yes, I can...

#tantangan10hari
#hari1
#melatihkemandirian
#kelasbunsayiip

No comments:

Post a Comment