Friday 29 April 2016

Ibu, Sholatnya Tiga Rakaat

"Ibu, Ibu, tadi sholatnya tiga rakaat" cerita si Adik sepulang sholat subuh di hari Jum'at.
"Bukan, itu bukan tiga, tapi karena suratnya yang dibaca panjang, jadi pas ditengah-tengah istirahat dulu" jawab si Kakak.



"Sebentar, cerita pelan-pelan, gimana tadi sholatnya?" tanya saya.

Mereka pun berebut cerita, dan kesimpulannya adalah sholat subuhnya dua rakaat, namun di rakaat pertama ada sujud di tengah-tengah bacaan surat. Mereka pun bertanya, kenapa seperti itu, itu sujud apa, dan banyak lagi pertanyaan lainnya. Dan jadi pe-er saya untuk mencari jawabannya.

Dari browsing, saya menemukan ini hadist berikut ini :

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu berkata: Adalah Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam 
membaca didalam shalat fajar (subuh) surat As-Sajadah dan Al-Insan. (HR Bukhari)

Sungguh, saya baru tahu, kalau ada hadist yang menjadi dasar pembacaan QS As-Sajadah dan QS Al Insan saat hari Jum'at. Dan di dalam QS As Sajadah terdapat ayat sajadah yang kita disunnahkan untuk melakukan sujud tilawah.

Dalam penjelasan selanjutnya mengenai hadist tersebut, membaca QS As Sajadah dan QS Al Insan saat sholat subuh di hari Jum'at adalah sunnah, namun perlu sesekali bagi imam untuk meninggalkannya agar tidak dianggap sebagai suatu kewajiban.

***
Kadang pertanyaan dan celotehan mereka membuat tertawa, bingung dan sesekali jengkel Namun bersama mereka, saya terus belajar. Seperti hari Jum'at ini saya mendapat pengetahuan baru gara-gara rasa penasaran mereka. Ya, being a mom is long life learning.



No comments:

Post a Comment