Wednesday 30 March 2016

Belajar Bahasa Arab Bersama BISA

Kenapa mendadak ingin belajar bahasa Arab?


Ada beberapa alasan yang membuat saya ingin belajar bahasa Arab. Sesuatu yang sungguh sangat asing bagi saya, yang tidak pernah menjejakkan kaki di sekolah agama.

Yang pertama adalah karena si kakak masuk sekolah Islam Terpadu yang salah satu pelajarannya adalah bahasa Arab. Ceritanya ga mau kalah sama si kakak hehehe... Gengsi lah, misalnya dia nanya dan si ibu ga ngerti sama sekali. Soalnya dia suka sekali kasih tebakan, "Ibu, bahasa Arabnya xxx apa hayo?"

Alasan yang kedua, saya membaca artikel di Rumaysho yang menyatakan bahwa sangat tidak mungkin bisa memahami Al-Qur'an jika tidak paham bahasa Arab. Nah lhoooo... Padahal kan Al-Qur'an itu petunjuk hidup. Kalau ga bisa memahami buku petunjuk, trus gimana bisa menjalani hidup yang benar? Di artikel lainnya, dijelaskan juga 7 manfaat yang dapat kita peroleh jika kita belajar bahasa Arab.

Saya pun berusaha mencari-cari dimana saya bisa belajar bahasa Arab, dan mendadak teringat dengan cerita teman ketika dia dan suaminya mengikuti program belajar bahasa Arab via WA. Kebetulan pula, di salah satu group WA yang saya ikuti, ada teman yang cerita kalau dia sedang persiapan menghadapi ujian BINA. Maka penasaranlah saya...

Dan saya pun nemu ini. Program belajar bahasa Arab online via WA, BISA - Belajar Islam dan Bahasa Arab. Ketika saya membuka webnya, pas pendaftaran angkatan 20 ditutup, dan untuk angkatan 21 masih satu setengah bulan lagi. Segera saya pasang reminder di hp agar tidak lupa untuk mendaftar.


Saat yang ditunggu pun tiba. Saya melakukan pendaftaran online, dan beberapa hari kemudian saya dapat pesan via WA yang pada intinya menanyakan komitmen mengikuti program BISA ini. Setelah saya reply pesan tersebut, tak lama kemudian saya di add ke group BISA angkatan 21.

Oh ya, program BISA ini tidak ditarik biaya sama sekali lho. Hebat ya. Malah yang mundur ditengah jalan yang dikenakan sanksi berupa infaq seikhlasnya. Masya Allah deh yang bikin program plus para pengajarnya. Semoga menjadi amal pemberat di akhirat nanti. Aamiin...

Sekarang cerita tentang belajarnya ya. Materi audio di share di group WA, sedangkan diktatnya bisa kita download via google drive atau play store. Diktat juga dapat kita beli hard copynya ke Yayasan Bisa. Setelah mendengarkan audio dan membaca diktat, ada waktu kita untuk melakukan tanya jawab dengan para pengajar bila masih ada yang belum dimengerti. Kemudian, tugas pun dibagikan. Tugasnya ada dua macam, tugas tulisan dan tugas hafalan. Bagi para peserta yang tidak mengumpulkan tugas sebanyak 2 kali, maka dianggap mengundurkan diri dan akan dikeluarkan dari kelas. Selain dua tugas yang saya sebutkan diatas, ada juga soal pemanasan yang dishare di hari Sabtu pagi dan Kubis yang dilakukan tiap Senin dan Kamis malam.

Pekan pertama adalah pekan percobaan, dan kelima pekan selanjutnya (pekan 2-6) pelajaran dimulai. Pekan ke tujuh try out dan pekan ke delapan ujian. Jadi program ini dilaksanakan selama delapan pekan.

Belajarnya? Asli seru banget, apalagi kalau sudah menjelang deadline hahaha. Jum'at jam 18.00. Ga bisa ditawar. Hafalan belum, tugas tulisan yang dari pekan ke pekan semakin banyak. Pekan percobaan 1 lembar. Pekan 1 dan 2 juga masih 1 lembar. Pekan ke 3 mulai deh, 6 lembar. Pekan ke empat 8 lembar. Pekan ke 5 mulai mengupas kata dalam Al-Qur'an. Apalagi pas try out dan ujian. Gaduh gelisah rasanya. Dan seperti biasa, dalam keadaan stress, cerobohnya semakin menjadi-jadi. Lembar jawaban ketumpahan air lah, lembar jawaban yang beterbangan gara-gara saya kepanasan dan kemudian menyalakan kipas angin lah, yang bolak balik mau ke kamar mandi lah. Pokoknya ada saja kejadian yang seru untuk diingat.

Tapi, dengan semua keseruan itu, alhamdulillah saya bisa melewati 8 pekan penuh ketegangan. Walaupun sampai sekarang masih belum tahu nilainya, yang penting udah kelar dulu. Dan yang paling penting, saya mulai sedikit mengerti tentang bahasa Arab. Untuk selanjutnya, saya masih ingin mengikuti program BINA. Semoga saja saya bisa mengikutinya dengan lebih lancar. Aamiin




No comments:

Post a Comment