Saturday 5 March 2016

Merawat Kulit Wajah





Saya nulis tentang cara perawatan kulit wajah? Amazing ya, saya saja awalnya ga percaya kenapa saya memilih tema ini, karena saya 
termasuk orang-orang yang kurang peduli dengan penampilan.

Itu duluuu, tapi ternyata penampilan beda dengan perawatan. Ga perlu tampil warna-warni penuh make-up, kalo memang ga pede, tapi merawat wajah itu perlu. Kenapa? Ya karena wajah adalah aset, dan amanah yang harus kita jaga, seperti halnya tubuh kita.

Malas merawat wajah akan menyebabkan banyak masalah yang timbul, seperti komedo, jerawat, flek, dan wajah yang kusam. Seperti saya dulu. Cuci muka ya dengan sabun mandi saat mandi. Saya baru aware dengan masalah perawatan wajah setelah timbul banyak masalah diwajah saya. Kulit yang berminyak dan flaky, yang disertai banyak jerawat. Saya malas merawat wajah karena saya berfikir merawat itu sulit dan repot. Tapi ternyata perawatan wajah itu ga serumit yang saya bayangkan dulu. Ada 4 hal yang perlu kita lakukan secara rutin, yaitu :

1. cuci muka
Pilih sabun khusus untuk cuci muka, sesuai dengan jenis kulit. Kulit di area wajah lebih tipis dibanding kulit tubuh lainnya, jadi engga boleh cuci muka dengan sabun mandi. Perlu diingat pula, cuci muka tidak boleh dilakukan terlalu sering, cukup 2 kali sehari, karena bisa menyebabkan kulit dehidrasi. Kulit yang dehidrasi akan banyak menimbulkan masalah, seperti kulit berminyak, kekeringan dan retak-retak, dan juga jerawat. Untuk yang muslim, wudhu bisa dijadikan salah satu sarana untuk mencuci wajah.

Saya cuci muka dengan menggunakan oatmeal. Oatmeal saya haluskan dengan blender, dan siap dipakai untuk cuci muka. Oatmealnya  kadang-kadang saya campur dengan susu bubuk atau dengan coklat bubuk. Saya cuci muka dengan oatmeal 2x sehari, sepulang kerja dan sebelum tidur. Cuci muka sebelum tidur ini wajib ya, pastikan bahwa kulit kita sudah bersih dari debu, keringat dan juga make-up setelah ber-aktivitas seharian. Sedangkan untuk bangun tidur saya cuci muka cukup dengan membasuhnya dengan air saat berwudhu.


2. pelembab
Pelembab penting kita gunakan sehari-hari, karena berfungi untuk memberi nutrisi dan melembabkan kulit wajah kita. apalagi kalau kita hidup berdampingan dengan AC sepanjang hari. Kulit yang kurang kelembabannya, akan mudah terkena masalah. Biasanya jadi  lebih cepat keriput. Pilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit kita. Pastikan juga saat malam hari kita memakai pelembab. Ada pelembab yang bisa dipakai siang dan malam, ada juga yang terpisah, khusus untuk siang, dan khusus untuk malam. Mau pakai yang mana itu adalah pilihan anda.

Untuk pelembab, di siang hari saya menggunakan shea butter atau pumpkin seed oil, sedangkan untuk malam hari saya menggunakan rosehip seed oil. Sudah sekitar 2 tahun ini saya memilih produk perawatan wajah yang alami.


3. sunblock 
Ini penting ya. Sunblock bermanfaat untuk mengurangi efek buruk sinar matahari terhadap kulit kita, yang biasanya muncul berupa sunburn dan flek. Pilih sunblock yang broad spectrum, bisa menangkal radiasi UV A dan UV B. Biasanya tertulis SPF xx dan PA ++. xx disini biasanya berupa angka. Untuk daerah di indonesia, minimal pilih dengan SPF 15. SPF ini berfungsi untuk menangkal radiasi UV B. Untuk PA, semakin banyak + dibelakangnya, akan semakin kuat menangkal radiasi UV A. Gunakan sunblock setiap hari, terutama jika kita keluar rumah saat sinar matahari sedang terik-teriknya. gunakan minimal 30 menit sebelum kita keluar rumah.

Nah untuk yang sunblok ini saya belum bisa bikin DIY nya, jadi masih beli produk jadi. Ada beberapa produk sunblock yang sudah pernah saya pakai, ada parasol, skin aqua dan biore. reviewnya menyusul ya...


4. scrubbing/peeling
Proses scrubbing atau peeling ini juga penting, yang bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati. Sel kulit mati yang tertimbun di kulit akan membuat wajah menjadi kusam. Proses ini dilakukan cukup 1-2x seminggu, agar tidak terjadi over pengelupasan. Lebih bagus lagi jika proses scrubbing diikuti dengan menggunakan masker.

Untuk scrubbing, saya menggunakan minyak zaitun + garam dapur, atau minyak zaitun + susu bubuk. Gosok pelan diwajah, bilas hingga bersih, dan keringkan. Untuk masker, saya suka bereksperiman dengan DIY masker. Kalo pas lagi jerawatan, saya mencampur bubuk kunyit, tepung beras, kayu manis, madu dan jeruk nipis, aduk jadi satu, oleskan di wajah. Kadang saya pakai masker susu bubuk + air + sedikit pumpkin seed oil, kadang pakai yoghurt, kadang pakai masker lumpurnya Jafra.


Kalau anda merasa ribet dengan produk-produk DIY, anda bisa memakai produk yang sudah jadi. Pilih yang sesuai dengan kulit anda. Proses pemilihan ini memang perlu trial and error karena kulit yang satu tidak sama dengan kulit yang lain. Pastikan empat langkah diatas anda kerjakan dengan rutin dan voilaaa, anda akan mendapatkan kulit yang bersih dan sehat.

Perawatan dari dalam juga ga kalah penting ya. Pastikan anda cukup minum air putih dan konsumsi sayur dan buah. Kurangi teh, kopi, minuman bersoda dan makanan berlemak.

Selamat merawat wajah, dan nikmati hasilnya di usia 50 tahun-an..


#ODOP 4/99

No comments:

Post a Comment