Wednesday 16 March 2016

Ooohh, Ternyata Anemia

2-3 hari ini saya merasa kurang bersemangat, badan lemas dan terasa sakit semua, dan kemarin, saya mengalami sakit kepala.
Ketika kepala dipegang saja rasanya WOW. Akhirnya saya minum obat analgesik dan tidur lebih cepat agar sakit kepala hilang.

Pagi harinya, sakit kepala yang saya rasakan berkurang, namun tidak hilang. Dan ketika sampai di puskesmas, saya meminta tolong kepada teman analis untuk periksa darah. Saya pun cek Hb dan hasilnya 8,6 mg/dl. Ah ini ternyata penyebab saya sakit kepala tidak bisa hilang walaupun sudah minum analgesik. Ya, ANEMIA.


Anemia adalah keadaan dimana jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin di dalam tubuh kurang. Hemoglobin (Hb) adalah protein yang berada di sel darah merah yang bertugas mengangkut oksigen. Wanita dinyatakan anemia jika Hb nya kurang dari 12 mg/dl, sedangkan pria dinyatakan anemia jika Hb nya kurang dari 13 mg/dl.

Penyebab anemia banyak sekali, dan menurut penelitian Terri D. Johnson yang dirilis di ncbi tahun 2011, salah satu penyebab terbesarnya adalah anemia defisiensi zat besi. Saya mendadak teringat dengan salah satu program dari kesehatan remaja yang terintegrasi dengan bagian gizi, yaitu pemeriksaan Hb dan pembagian suplemen zat besi kepada remaja putri.

"Penelitian menyebutkan, 50-63% perempuan hamil di Indonesia mengalami anemia, lalu 48% pada anak usia 2 tahun, 35% pada anak usia prasekolah, dan 25% pada pria. Data poliklinik hematologi medik FKUI/RSCM 2012 menemukan, perempuan usia 26-40 tahun rentan mengalami anemia.
Perempuan cenderung lebih berisiko terkena anemia ketika sedang hamil, menyusui, haid, maupun melakukan diet makanan yang mengandung zat besi," ucap ahli penyakit dalam dari Divisi Hematologi Onkologi Medik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr Nadia Ayu Mulansari.

Sesuai dengan berbagai hasil penelitian diatas, saya pun akhirnya mengkonsumsi suplemen zat besi, dan berusaha memperbaiki pola makan. Ini baru hari pertama, kita lihat hasilnya satu minggu ke depan ya..



#ODOP 16/99

No comments:

Post a Comment