Saturday 4 March 2017

Melatih Kemandirian #day4

Hari ke-empat...

Sambil terus mengamati perkembangan anak-anak, saya berusaha untuk kembali menengok diri saya sendiri. Di sisi mana saya kurang mandiri?

Kebetulan pula Ayah sedang dinas keluar kota, dan disitulah kemudian saya merasa, bahwa ada hal-hal yang saya sangat bergantung dengan suami. Pengalaman pertama setelah menikah dan tinggal di daerah yang cukup terpencil, tanpa sinyal dan tanpa kendaraan, membuat saya ketergantungan dengan suami dalam hal-hal yang berhubungan dunia luar. Kebiasaan selama 2 tahun itu terbawa hingga sekarang.

Membayar tagihan air, listrik, internet, membeli galon dan tabung gas, iuran keamanan dan kebersihan, hampir semua hal-hal tersebut dilakukan oleh suami. Dan saya baru mengambil alih ketika suami sedang tidak berada di rumah. Jika masih ada suami, maka saya tinggal lapor, dan masalah pun terselesaikan.

Saya akhirnya membuat komitmen untuk diri saya sendiri. Bahwa saya harus bisa dan siap untuk melakukan hal-hal tersebut, tanpa harus merepotkan suami. Jika pun saya tidak bisa melakukannya sendiri, saya harus tahu kemana saya meminta bantuan.

Untuk anak-anak, alhamdulillah hari ini target si kakak untuk berangkat tidur sendiri dapat dilakukan dengan baik. Tinggal menjaga agar dapat konsisten. Sedangkan adik, bisa menjalankan kesepakatan mengenai bangun tidur pagi dengan bantuan alarm.

Semoga besok bisa berjalan lebih baik. Saya, suami dan anak-anak. Aamiin...

#tantangan10hari
#hari4
#kuliahbunsayiip
#melatihkemandirian

No comments:

Post a Comment