Monday 30 January 2017

Amanah

Sore itu, dalam sebuah pertemuan yang tidak kami sengaja, seorang teman bercerita. Beberapa rumah kontrakannya, ditinggalkan oleh yang kontrak tanpa pamit dan menyisakan tagihan listrik yang cukup banyak.

"Jadi serba salah. Ketika saya dan suami mau membantu orang-orang mencari tempat tinggal yang murah, agar mereka bisa sekedar bernaung dan kembali berusaha, saya malah yang kena tipu," ceritanya.

Saya pun jadi teringat bahwa saya pun mengalami hal yang sama 2 tahun lalu. Ketika itu saya dan kawan-kawan menyewa sebuah toko untuk memulai usaha. Tak selang berapa lama, datanglah tagihan listrik yang memberitahukan jumlah tagihan beserta ancaman akan diputus listriknya jika tidak segera dibayar. Karena jumlahnya tidak sampai 100 ribu, tagihan tersebut saya bayar, dan bulan depannya ketika saya membayar sewa kepada pemilik toko, saya pun menunjukkan bukti pembayaran listrik. Alhamdulillah, pemilik toko mengganti uang saya, karena memang bukan kesalahan saya. Urusan dengan penyewa toko sebelumnya saya serahkan kepada beliau.

Saya pun merasa miris. Bagaimana mungkin umat ini akan bangkit, dan usaha mereka akan berhasil, jika dalam hal kecil seperti ini saja mereka belum bisa menjaga kepercayaan. Jikalau memang ada kesulitan faktor ekonomi, mungkin akan lebih baik berterus terang kepada pemilik sewaan.

Sudah selayaknya kita kembali belajar, meneladani sikap Rasullullah yang diberi julukan Al Amin, yang artinya dapat dipercaya, bahkan sebelum beliau menjadi Nabi.

Dalam Islam, sifat amanah ini tidak hanya berlaku bagi hubungan sesama manusia, namun dengan Allah dan RasulNya, dan juga semua ciptaanNya. Dan siapapun kita, sebagai anak, orangtua, istri, suami, karyawan/anak buah/rakyat, pemimpin, rekan kerja, hendaknya kita bisa tetap menjaga amanah.

Allah SWT berfirman:

يٰٓأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا لَا تَخُونُوا اللَّهَ وَالرَّسُولَ وَتَخُونُوٓا أَمٰنٰتِكُمْ وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ
"Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui."
(QS. Al-Anfal: Ayat 27)

Siap menuju sukses dengan menjadi orang yang amanah? InsyaAllah.

#selfreminder

No comments:

Post a Comment