Wednesday 25 January 2017

Ketika Kakak Marah

"Arsya, jangan berisik. Aku ga bisa tidur," kata Bintang dengan nada suara tinggi.
Dan kemudian saya pun membalas "Mas, jangan bentak-bentak, ga baik itu," dengan nada yang tak kalah tinggi.

***
Siang yang seharusnya tenang karena mendung dan udara yang sejuk, ternyata tak sanggup mendinginkan hati dan kepala kami.

Ya, saya masih punya banyak pe-er mengenai komunikasi produktif. Kuliah bunda sayang mengenai komunikasi produktif dengan anak membuat saya merasa 'makjleb', terutama poin "kendalikan intonasi dan gunakan suara ramah". Si Kakak jadi bisa membentak karena sering mendengar saya bentak-bentak.

Karena anak-anak tak pernah salah mengcopy.

Saatnya mengevaluasi diri. Jika saya tak ingin mendengar Kakak membentak Adik, saya tentu harus memulai dengan belajar menahan diri untuk tidak mengeluarkan suara dengan intonasi tinggi.

#hari1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

No comments:

Post a Comment