Tuesday 3 January 2017

Serunya Ikut Super Quran Camp

Postingan pertama di tahun 2017, kisah singkat Duo Binar mengikuti Qur'an Camp.

Kami sekeluarga mengakhiri tahun 2016 dan mengawali tahun 2017 dengan mengikuti kegiatan Super Qur'an Camp di Ponpes Al Islam Kambitin Tabalong. Acara ini diadakan oleh ibu-ibu yang bingung bikin kegiatan untuk anak-anak yang sedang liburan dan mupeng banget dengan kegiatan qur'an camp yang banyak dilaksanakan di daerah lain. Kegiatan perdana di Tabalong ini bener-bener dadakan, tapi panitianya jos banget, dengan H-4 persiapan bisa bikin kegiatan yang bikin anak-anak ketagihan.



Acara dimulai sabtu, 31 Desember 2016 ba'da ashar dengan berkumpul di Ponpes Al Islam. Setelah acara pembukaan dan perkenalan, anak-anak diajak berjalan kaki ke masjid untuk menunggu maghrib. Selepas maghrib, anak-anak dipersilahkan mengaji dan setor hafalan kepada para pembimbing yang telah ditunjuk. Sebagian panitia (ibu-ibu rempong) menyiapkan makan malam.

acara perkenalan, yang diselingi 'ngambeknya arsya'. ternyata dia ga mau perkenalan karena belum lancar baca 😆
pembagian kelompok oleh Ustadzah Mona

ayo, setor hafalannya.....
Acara mengaji dan setor hafalan berlanjut hingga jam 10 malam, dan anak-anak dipersilahkan untuk tidur. Sebelumnya telah diberi pesan agar besok bangun sebelum subuh agar bisa sholat tahajud. Duo binar, bolak-balik ngintip emaknya di kamar putri, dan bilang aku ga bisa tidur. Rupanya ritual baca buku sebelum tidur susah untuk ditinggal walau cuma semalam :D

Jam 4 pagi, kami dibangunkan dan diingatkan untuk segera bersiap sholat tahajud. Alhamdulillah anak-anak bisa segera bangun dan ga pake rewel. Sholat tahajud berjalan lancar, dan mereka segera diajak menuju masjid untuk bersiap sholat subuh.

tahajjud berjama'ah
Ba'da subuh, bubur kacang hijau siap mengganjal perut dan menemani anak-anak bermain tae kwon do dengan bimbingan Pak Budi. Selepas olahraga pagi, kami mandi pagi, sarapan dan bersiap untuk tadabur alam.
sarapan bubur kacang hijau, dan olehraga te kwon do






Lalu, kemana nih kegiatan tadabbur alamnya? Karena acaranya dadakan, panitia belum melakukan survey. Jadilah kami para peserta berjalan kaki dengan tujuan 'berdasar katanya XXX'. Memutuskan lewat hutan, dengan harapan menuju kolam-kolam ikan (Kambitin terkenal sebagai salah satu daerah budidaya ikan di Kab Tabalong). 
lewat hutan, dan kolam-kolam ikan


menemukan dan mengamati kantong semar
Sungguh tak terduga, karena sama-sama tidak ada yang tahu, tetapi tetap memutuskan untuk terus jalan, akhirnya kami sampai juga di daerah budidaya ikan di Kambitin. Melewati sekat-sekat kolam, hanya dengan petunjuk paman yang kebetulan lewat, kami berputar-putar di kolam ikan mencari jalan yang benar. Dan kegiatan menyeberangi sungai dengan jembatan kayu menjadi sensasi tersendiri bagi anak-anak (emaknya jugaaaaa 😅).

Setelah berputar-putar, sampailah kami di jalan setapak. Alhamdulillah.... 
Tapi apakah akan berakhir begitu saja? Tentu tidak, karena kami masih harus berjalan lagi menuju Ponpes. Dan karena kelelahan kami memutuskan untuk beristirahat di jalan. Untung jalannya sepi 😂.

istirahat dulu yuuuuuukkkk
Alhamdulillah, akhirnya kami sampai juga di Pondok menjelang dzuhur. Sembari menunggu sholat dzuhur, kami beristirahat dan membersihkan badan. Ba'da dzuhur, acara dilanjutkan dengan makan siang dan bermain panahan hingga menjelang ashar. selesai sholat ashar, acara ditutup dengan pembagian hadiah, foto bersama dan do'a.

Kesan buat Bintang ketika saya tanya, ternyata jawabnya "kenapa nginapnya cuma 1 hari Bu?". Rupanya dia ketagihan. Sedangkan jawaban Arsya, "mau aja lagi, tapi aku ga mau jalan-jalan yang dekat sungai". 

Ya, semoga acara-acara positif seperti ini semakin banyak dilaksanakan di Tanjung. Aamiiin....



#ODOPfor99days

No comments:

Post a Comment