Monday 9 January 2017

Sains Seru : Elektromagnet

Kita bikin percobaan apa ya hari ini?

Hmmm, kalau udah muncul pertanyaan seperti itu, langsung deh buka primbon. Buku Sains yang didapat Bintang ketika mengikuti Olimpiade Sains di acara Adaro, karya Bapak Abdullah Muzi Marpaung menjadi buku pegangan.



Membuat elektromagnet menjadi pilihan Duo Binar. Kami kemudian segera mencari alat dan bahan yang diperlukan. Untungnya rumah kami dekat dengan toko bangunan dan toko alat-alat listrik, jadi tinggal jalan kaki untuk mencari paku dan juga kabel.

Berikut alat dan bahan yang diperlukan :
● Paku ukuran besar
● Kabel ikuran kecil
● Paku ukuran kecil
● Baterai
● Selotip
Sayangnya, kami tidak menemukan kabel ukuran kecil, jadi jumlah lilitan tidak sama dengan buku petunjuk 😞.

Nah, cara membuatnya, paku yang besar dililit dengan kabel. Kalau pakai kabel ukuran kecil, seharusnya bisa dapat sampai 40 lilitan, terus bikin variasi lain 50 atau 60 lilitan sebagai pembanding. Kemudian kedua ujung kabel disambungkan dengan baterai dibantu dengan selotip agar tidak mudah lepas. Selanjutnya, kita coba deh, didekatkan dengan paku-paku kecil. Apa yang terjadi?

Ternyata paku yang kecil bisa menempel. Horeeeee, berhasil, teriak mereka. 


Kami pun mencoba dengan variasi jumlah lilitan. Yang pertama dengan 20 lilitan, percobaan selanjutnya sebanyak 15 dan 23 lilitan. Jumlah lilitan sudah ga bisa ditambah lagi 😁.


No comments:

Post a Comment