Wednesday 4 January 2017

Berani Jujur Itu Hebat

"Ibu ga boleh bohong" celetuk Bintang. 
"Kita jujur aja" jawab Arsya.

Haduh, ketahuan banget ya Ibunya suka bohong. Eh tapi baca dulu cerita lengkapnya...

***
Hari Minggu, di bulan September, kami sekeluarga diajak teman untuk mengikuti kegiatan outbond yang diselenggarakan oleh Sahabat Relawan di Pondok Pesantren Hidayatullah Maburai Tabalong. Dengan diiringi rintik hujan, kami berangkat beriringan.

Sesampainya di sana, ternyata sudah banyak keluarga yang kumpul. Acara dimulai dengan kegiatan perkenalan. Dengan membentuk lingkaran besar, kami memperkenalkan diri satu per satu. "Sebutkan nama dan umur" kata panitia. 

Nah, serem kan. Menyebutkan umur 😥. Bagi wanita usia kepala 3 (saya maksudnya), menyebutkan umur mungkin sesuatu yang menakutkan. Nyeletuk deh saya, nanti bilang umur 20 aja ah. Ternyata celetukan saya terdengar oleh Bintang, dan kemudian dia langsung menjawab "Ibu ga boleh bohong".

Rasanya gimana gitu. Malu dan juga bahagia. Malu karena ketahuan mau berbohong, dan bahagia punya anak yang jujur, dan berani mengingatkan suatu kesalahan.


***
Hari kesehatan Nasional yang ke-52, dirayakan oleh Dinas kesehatan Tabalong dengan mengadakan jalan sehat. Seperti biasa, kami sekeluarga ikut serta. 

Kegiatan jalan santai dimulai dari Pendopo Bersinar, dengan rute menyusuri jalan PHM Noor, sampai ke Sulingan, dan berputar balik menuju ke Pendopo Bersinar. Sayangnya panitia yang bertugas mengumpulkan kupon undian tidak berada di tempat yang tepat, sehingga banyak peserta yang bisa berputar balik sebelum sampai tempat yang dituju. 

Duo Binar yang tampak kelelahan, karena hari Sabtu sebelumnya kami baru datang dari Kandangan menjelang Isya, ditanya sama Ayah. "Mau putar di sini kah? Kalau capek kita balik aja." Tak disangka Arsya menjawab "kita jujur aja, ga papa sampai sana".

WOW, disela-sela rengekan capek, dan sesekali minta gendong Ayahnya, ternyata mereka tetap memilih mengikuti rute yang telah ditentukan panitia. Rasa capek saya langsung hilang. Semangat deh mengikuti jalan santainya. 


***
Ibnu Mas’ud menuturkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Hendaklah kalian senantiasa berlaku jujur,
karena sesungguhnya kejujuran akan megantarkan pada kebaikan 
dan sesungguhnya kebaikan akan mengantarkan pada surga.
Jika seseorang senantiasa berlaku jujur dan berusaha untuk jujur,
maka dia akan dicatat di sisi Allah sebagai orang yang jujur.
Hati-hatilah kalian dari berbuat dusta,
karena sesungguhnya dusta akan mengantarkan kepada kejahatan
dan kejahatan akan mengantarkan pada neraka
 Jika seseorang sukanya berdusta dan berupaya untuk berdusta,
maka ia akan dicatat di sisi Allah sebagai pendusta.”
(HR. Muslim, no. 2607)

Terkadang, jujur itu tidak mudah, namun tetap harus kita lakukan, agar hidup tetap berkah. Jadi, berani jujur itu HEBAT!!!


#ODOPfor99days
#day2

No comments:

Post a Comment