Monday 30 January 2017

Clear and Clarify

"Assalamu'alaikum."

Terdengar suara lantang si Adek yang masih di depan pagar. Setelah meletakkan sepedanya, dia pun segera masuk ke rumah.

"Adek dari mana?" tanya saya.

"Dari rumah Raka, Raka punya mainan baru bu, helicopter yang pakai remote control. Aku bisa lho nerbangkan," ceritanya dengan bangga.

"Wah keren. Susah ga nerbangkannya?"

"Engga, gampang aja kok. Tapi tadi pas Raka main, helicopternya masuk selokan."

"Hwaaa, terus?"

"Dicuci sama Raka, sekarang masih dikeringkan. Makanya aku pulang."

"Ooohhh. Eh tapi tahu ga Dek, Ibu tadi bingung lho, pas bangun tidur, nyari Adek ga ada."

"Habisnya aku ga bisa tidur, jadi aku pergi aja."

"Em, gimana kalo mau pergi keluar rumah pamit dulu, biar Ibu ga bingung nyari."

"Kan Ibu sama Mas lagi tidur, jadi ga bisa pamit."

***
Dasar anak-anak ya. Kadang kita cemas, eh mereka enjoy aja. Haha...

Setelah Duo Binar mandi dan sholat ashar, mereka berdua saya ajak bercerita mengenai kisah Nabi Sulaiman dan burung Hud Hud. Kebetulan 2 hari yang lalu, kajian yang saya ikuti membahas mengenai kisah yang diabadikan dalam Al-Qur'an dalam Surah An Naml 20-23, tentang sikap pemimpin yang bijak dan rakyat yang baik.

Dalam kisah tersebut, diceritakan bahwa burung Hud Hud pergi tanpa pamit kepada Nabi Sulaiman. Dan reaksi Nabi Sulaiman adalah "akan menghukum dengan keras jika tidak membawa alasan yang tepat". Ternyata, dalam kisah ini, ada salah satu kaidah tentang komunikasi produktif, yaitu Clear and Clarify. Mengklarifikasi. Tidak serta marah marah karena rakyat melanggar aturan, namun ditanyakan terlebih dahulu alasannya. Jika memang alasannya kurang kuat, maka pantaslah untuk diberi hukuman.

Saya berusaha menerapkan kaidah Clear and Clarify kepada Adek saat dia pergi tanpa ijin. Namun saya juga berusaha menegaskan bahwa sebaiknya kalau mau pergi kemana-mana ijin dulu, agar tidak membuat orang di rumah menjadi khawatir.

"Kan tadi Ibu tidur," jawab Adek.

"Ibu kan bisa dibangunkan sayang,"

***

#hari5
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

No comments:

Post a Comment